Sukses

Jalani 5 Ritual Sederhana Ini Sebelum Tidur Agar Bangun Pagi Jadi Lebih Fit

Liputan6.com, Jakarta Sebelum tidur umumnya seseorang melakukan kegiatan bersih-bersih seperti mencuci muka dan gosok gigi. Namun, ternyata ada sejumlah ritual sederhana sebelum tidur yang akan membuat Anda bangun pagi dengan kondisi yang lebih fit.

Ya, tidur yang berkualitas akan membuat badan kita menjadi fit dan segar saat bangun di pagi hari. Selain itu, kenyamanan saat tidur pun memengaruhi kualitas tidur Anda.

Beberapa orang merasakan pegal dan lelah saat bangun di pagi hari karena tidur yang kurang maksimal. Kualitas tidur yang kurang baik juga dapat memengaruhi aktivitas Anda seharian.

Dilansir dari lama Healthline, Jumat (5/8/2022), kualitas tidur yang buruk memiliki efek jangka panjang yang buruk bagi kesehatan fisik dan mental. Sejumlah penelitian menunjukkan, kurang tidur erat kaitannya dengan sejumlah masalah kesehatan, mulai dari kelebihan berat badan hingga melemahnya sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kurang tidur dapat memengaruhi daya ingat otak, kurangnya konsentrasi, dan perubahan mood Anda. Meningkatnya risiko sejumlah penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan sakit jantung juga didapatkan dari kualitas tidur yang buruk.

Karena itu, penting untuk melakukan sejumlah ritual sederhana sebelum tidur agar saat bangun pagi, Anda merasa jadi lebih fit. Berikut ini 5 ritual sederhana sebelum tidur agar bangun pagi jadi lebih fit, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber. Pastikan Anda tidak melewatkannya, ya!:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Pastikan Kebersihan Bantal

Kebersihan merupakan hal yang penting saat Anda hendak pergi tidur. Sebelum tidur, Anda harus memastikan bantal maupun tempat tidur sudah bersih. Tidur dengan bantal yang kotor akan menimbulkan berbagai penyakit.

Misalnya saja sarung bantal yang tidak diganti, akan menjadi sarang tungau yang bisa merusak kulit Anda. Gantilah sarung bantal minimal sekali dalam seminggu.

2. Minum Air Putih

Minum air putih sebelum tidur ternyata berpengaruh pada suasana hati. Dikutip dari laman Healthline, minum air putih bisa memberikan efek kepuasan dan suasana yang positif.

Selain itu, air membantu detoksifikasi tubuh dan proses pembuangan racun selama Anda tidur menjadi maksimal. Minum air putih juga menjaga Anda agar tetap terhidrasi sepanjang malam. Sehingga saat bangun di pagi hari tubuh terasa fit dan segar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

3. Matikan Lampu Kamar

Bagi Anda yang suka tidur dalam kondisi kamar yang terang, rupanya hal tersebut berpengaruh pada kualitas tidur. Mengutip laman Sleep Foundation, tidur dengan keadaan cahaya terang bisa mengganggu siklus tidur dan produksi hormon melatonin yang mengatur waktu tidur Anda. Karena itu, sebaiknya Anda mematikan lampu kamar sebelum hendak tidur di malam hari.

Jika produksi hormon melatonin ini baik, maka siklus tidur Anda juga akan berjalan dengan baik. Denga begitu saat bangun di pagi hari Anda tidak merasa kekurangan tidur.

4. Atur Ventilasi Ruangan

Pastikan udara di dalam kamar tidak pengap. Sebaiknya terdapat ventilasi agar udara di dalam kamar Anda bisa bertukar dengan baik. Jika Anda menggunakan AC, maka atur suhunya senyaman mungkin agar saat tertidur Anda merasa nyaman dan terbangun dengan keadaan fit.

4 dari 4 halaman

5. Menulis Jurnal Sebelum Tidur

Membuat rutinitas menyenangkan sebelum tidur juga dapat memengaruhi kualitas tidur Anda. Pilihlah aktivitas yang membuat Anda rileks dan tenang, seperti mandi air hangat, mendengarkan audio book, atau menulis jurnal. Melakukan aktivitas ini secara rutin setiap malam menciptakan pola bagi otak Anda untuk mengenalinya sebagai aktivitas jelang tidur.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS