Sukses

6 Kebiasaan yang Dianggap Sehat Ini Malah Berdampak Buruk Bagi Tubuh

Terkadang kita melakukan kebiasaan-kebiasaan baik tanpa tahu kebenarannya dan dampaknya bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Ada banyak kebiasaan yang dilakukan individu setiap hari. Ada kebiasaan baik yang dianggap sehat, tapi tak sedikit kebiasaan buruk yang kerap dihubungkan dengan hal-hal negatif.

Terkadang kita melakukan kebiasaan-kebiasaan sehat tanpa tahu kebenarannya dan dampaknya bagi tubuh.

Untuk itu, ketahui apa saja kebiasaan sehat yang sebenarnya lebih banyak membahayakan daripada baik, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (4/5/2022).

1. Tidur sedikit untuk berolahraga di pagi hari

Berolahraga di pagi hari dianggap sebagai pilihan yang bagus. Ini cocok dengan fluktuasi hormon alami tubuh, membantu fokus dan suasana hati sepanjang hari, dan membantu mengatur nafsu makan.

Namun, jika Anda mengkompromikan jumlah jam ideal Anda harus tidur, itu bisa menjadi bumerang.

Pembatasan tidur dikaitkan dengan peningkatan rasa lapar dan asupan makanan, dengan risiko kenaikan berat badan dan obesitas yang lebih tinggi.

2. Berolahraga setiap hari

Untuk benar-benar membuat perbedaan dalam hidupmu, rencana olahraga rutin harus menjadi sesuatu yang untuk Anda seperti makan atau tidur.

Tapi Anda harus mencadangkan satu hari untuk istirahat setiap 7 hingga 10 hari. Ini karena tubuh perlu memperbaiki robekan mikroskopis di jaringan otot dan menyeimbangkan kadar asam laktat dan glikogen. Ini memberimu waktu untuk otot Anda tumbuh lebih kuat dan mengurangi risiko cedera.

Berolahraga terlalu banyak bisa menyebabkan kelelahan adrenal dan sebenarnya meningkatkan penambahan berat badan, terutama di sekitar perut.

Itu karena kortisol, hormon stres alami yang bertanggung jawab untuk mengatur metabolismemu.

Kortisol juga berhubungan langsung dengan stres, jadi pastikan untuk beristirahat cukup, baik secara fisik maupun mental.

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Terlalu banyak tidur

Sama seperti kurang tidur yang buruk bagi Anda, terlalu banyak tidur juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung koroner, diabetes, kecemasan dan obesitas pada orang dewasa.

Jika Anda merasa bahwa 7 hingga 8 jam tidur per malam “tidak cukup,” atau Anda merasa lelah setelah tidur malam yang nyenyak, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan doktermu.

4. Tidak cukup makan lemak

Ini mengacu pada lemak sehat. Lemak telah mendapatkan reputasi buruk, tapi mereka adalah bagian dari diet sehat yang seimbang dan tubuh kita membutuhkannya.

Mereka membantu menyerap vitamin, mendukung pertumbuhan sel, kesehatan otak dan mata, penyembuhan, dan produksi hormon. Dan mereka adalah sumber energi terbaik bagi tubuh kita.

Jika Anda merasa lesu, sering lapar, persendian terasa sakit, atau pilek lebih banyak dari biasanya, Anda mungkin perlu makan lebih banyak lemak sehat.

Ini bisa ditemukan dalam keju dan telur, mentega zaitun atau minyak canola, kacang-kacangan dan alpukat, dan biji chia atau rami. Coba hindari lemak trans dari minyak terhidrogenasi yang sering ditemukan pada makanan olahan.

5. Membuang kuning telur

Telur adalah salah satu makanan paling bergizi, sebab memiliki banyak vitamin dan hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh kita.

Tapi ketika Anda membuang kuning telur, Anda membuang lebih dari setengah nutrisi.

Terlebih lagi, kuning telur adalah tempat kolin, nutrisi langka yang digunakan untuk membangun membran sel dan memainkan peran khusus di otak.

3 dari 4 halaman

6. Menyimpan yogurt rasa di lemari es

Makan yogurt dianggap sebagai kebiasaan yang sehat, karena dikemas dengan manfaat kesehatan. Ini mengandung kalsium, probiotik yang baik untuk mikrobioma dan sistem kekebalan tubuh kita, vitamin dan protein.

Namun, sebagian besar yogurt rasa yang Anda beli memiliki banyak tambahan gula dan pemanis. Jadi, jika Anda sangat menyukai yogurt dengan buah, pertimbangkan untuk menambahkan yogurt Anda sendiri ke yogurt yang lebih alami.

7. Minum air telalu banyak

Meskipun tidak minum cukup air bisa membahaykan kesehatan kita, minum terlalu banyak bahkan bisa menyebabkan overhidrasi dan penambahan berat badan.

Overhidrasi bisa sangat serius. Itu terjadi ketika jumlah garam dan elektrolit lain dalam tubuhmu menjadi terlalu encer, itu akan mengganggu fungsi regular tubuh.

Selain itu, terus-menerus minum air menurunkan kadar natrium dalam darah, yang bisa menyebabkan sel-sel tubuh membengkak, termasuk sel-sel otak.

Dan jika ginjal tidak mampu mengimbangi, Anda akan mendapatkan apa yang disebut “berat air” saat terakumulasi.

Jika Anda baru saja mengubah kebiasaan dan merasa mual, sakit kepala, atau bingung dan disorientasi, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

4 dari 4 halaman

Kebiasaan sehari-hari yang merusak postur tubuh

Sementara itu, beberapa kebiasaan sepele yang kita lakukan setiap hari bisa berdampak negatif pada cara kita membawa diri. 

Berikut beberapa kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya tapi bisa merusak postur tubuhmu, seperti melansir dari Bright Side, Selasa (8/3/2022).

1. Memakai tas selempang

Mengenakan tas yang tidak seimbang di tubuhmu menjadi salah satu hal terburuk yang bisa merusak postur tubuhmu. 

Meski Anda tergoda untuk memilih tas terbesar sehingga Anda bisa membawa banyak barang, tapi semakin berat tasmu, semakin besar masalah yang ditimbulkan pada tulang belakangmu.

Saat Anda membawa tas di satu bahu dan beratnya tidak terdistribusi secara merata, itu bisa menyebabkan cedera leher dan bahu, postur tubuh yang buruk, bahkan sakit kepala.

2. Meletakkan ponsel di antara telinga dan leher

Duduk di meja kantormu selama berjam-jam pada suatu waktu tidak membantu posturmu, tapi cara Anda duduk bukanlah satu-satunya hal yang bisa melukai tulang belakangmu. 

Memegang ponsel di antara bahu dan telinga bisa membantumu tetap bebas mengetik, tapi pada akhirnya itu bisa merusak punggung.

Leher dan bahu tidak dimaksudkan untuk menahan posisi ini untuk waktu yang lama, dan kebiasaan ini bisa meregangkan otot-otot di punggung atasmu, yang mempengaruhi posturmu.

3. Menggunakan laptop

Meski laptop memungkinkanmu bekerja dari mana saja, lebih baik untuk mengatasi godaan untuk berlama-lama di kursimu. 

Membungkuk dan melihat ke layar bisa melelahkan ototmu dan pada akhirnya menyebabkan postur tubuh yang buruk.

Faktanya, terus-menerus melihat ke layar bisa membuat ototmu tegang sama seperti meletakkan beban 60 pon di lehermu, menurut sebuah penelitian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.