Sukses

4 Olahraga yang Paling Efektif Mengatasi Cemas dan Depresi

Banyak penelitian telah menemukan bahwa individu yang berolahraga secara konsisten memiliki suasana hati yang lebih baik dan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Liputan6.com, Jakarta - Depresi menjadi gangguan mental yang umum tapi serius yang berdampak negatif pada aktifitas sehari-hari seseorang. Depresi juga bisa menghambat kualitas dalam pekerjaan dan kehidupan pribadi, yang menyebabkan kesusahan dan gangguan yang signifikan.

Olahraga biasanya menjadi hal terakhir yang ada di pikiran banyak individu saat mengalami depresi atau kecemasan. Olahraga, di sisi lain, bisa membuat efek yang signifikan setelah Anda menjadi termotivasi.

Banyak penelitian telah menemukan bahwa individu yang berolahraga secara konsisten memiliki suasana hati yang lebih baik dan memiliki tingkat depresi yang lebih rendah.

Olahraga juga bisa membantumu menghindari kekambuhan depresi atau kecemasan setelah Anda pulih. Untuk itu, ketahui olahraga apa saja yang paling efektif untuk mengatasi cemas dan depresi, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (30/3/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Lari untuk meningkatkan suasana hati secara alami

Berlari tidak akan membuat depresimu hilang dalam semalam, tapi itu akan membantumu mengelola gejala. Anda membangun otot, meningkatkan kesehatan jantungmu dan menjaga otakmu ketika Anda pergi jogging. 

Jantung Anda berdetak lebih cepat saat Anda berlari untuk memompa darah ke seluruh tubuhmu. Otak mempersiapkan kerja keras dengan membuat sistem pernapasan bekerja lebih keras.

Kondisi mental ini berdampak membantumu mengatasi depresi dan meningkatkan kesehatan mentalmu.

 

3 dari 5 halaman

2. Meningkatkan suasana hati dengan mengangkat beban

Latihan beban bisa menjadi latihan meditasi bagi orang-orang dengan depresi ringan sampai sedang karena ketika Anda latihan beban, pikiran Anda terkonsentrasi pada tugas yang ada dan tidak memikirkan hal lain. 

Keuntungan lain termasuk definisi otot yang lebih besar, aliran darah yang lebih tinggi, dan usaha keras, yang semuanya bisa meningkatkan pandanganmu dan memberimu rasa kepuasan yang kuat ketika Anda mencapai tujuanmu.

 

4 dari 5 halaman

3. Kombinasikan yoga dengan terapi lain untuk merasa lebih baik

Yoga adalah bentuk latihan fisik yang melibatkan berbagai posisi tubuh, metode pernapasan dan meditasi. Depresi dan gejalanya, seperti kesulitan berkonsentrasi atau kekurangan energi, bisa mengambil manfaat dari terapi.

Bahkan jika yoga bukan pilihanmu, perpaduan antara meditasi dan gerakan fisik adalah alat yang ampuh untuk mengatasi kesedihan. 

Meditasi membantu seseorang dalam membawa diri mereka ke saat ini dan memungkinkan otak mereka untuk menjernihkan. Gerakan yang terkontrol dan terkonsentrasi juga membantu penguatan koneksi tubuh dan pikiran.

 

5 dari 5 halaman

4. Dapatkan sinar matahari yang cukup

Bahkan hobi sederhana seperti berkebun, bermain-main dengan anak-anakmu, atau mencuci mobilmu bisa meningkatkan suasana hatimu jika Anda senang berada di luar. 

Sinar matahari telah ditemukan untuk membantu dalam produksi serotonin, zat kimia otak yang meningkatkan suasana hati.

Penurunan serotonin selama berbulan-bulan yang lebih gelap dan lebih dingin telah dikaitkan dengan beberapa kasus gangguan efektif musiman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.