Sukses

Peringati Idul Adha, Momen Haru Penggali Kubur Takbiran di Makam Sambil Menunggu Jenazah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Normalnya, seseorang takbiran di dalam masjid dalam kondisi yang bersih. Kesan ini jauh dari apa yang dialami oleh Zack Affendi yang merupakan pasukan pengurusan jenazah Covid-19 di Malaysia. 

Laki-laki itu bersama teman-temannya terpaksa melantunkan takbir di pemakaman yang jauh dari kesan nyaman. Nampak dari aku Tiktok-nya @zackaffendi mereka tampak berjaga-jaga menunggu jenazah lainnya untuk disemayamkan hingga malam hari. 

Rasa haru pun terasa ketika melihat betapa mereka meninggikan Sang Pencipta di saat kondisi darurat. Hingga kini, unggahan video itu telah banyak ditonton hingga 1,4 juta terhitung dari hari Selasa (20/07/2021).

2 dari 5 halaman

Takbiran di pemakaman

Kumandang takbirnya sungguh merdu terdengar. Bersama rekan-rekannya yang duduk di gundukan tanah pemakaman, mereka pun melantunkan tiap bacaan takbir pada malam hari dibantu cahaya lampu tenda. 

"Sementara menunggu jenazah seterusnya kami sempat bertakbir hari raya," ujarnya pada narasi video tersebut.

 

3 dari 5 halaman

Kumandang takbir di pemakaman

@zackaffendi

salam aidiladha..mohon maaf jika kami ade membuat kesilapan ##covid19 ##frontlinermalaysia ##zackaffendi ##tajhiz

♬ Takbir aidiladha - zackaffendi
4 dari 5 halaman

Respons Warganet

Unggahan penggali kubur kumandangkan takbir menjelang Idul Adha 1442 H tuai simpati dan pujian dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang merasa terharu dan ikut mendoakan para petugas supaya tetap dalam keadaan sehat. 

"Kok nangis ya, di saat semua orang berkumpul di rumah, mereka masih sja menyelsaikan tugasnya, smga kabaikannya di bls oleh Allah SWT amin," tulis akun @azi123433. 

"Semangat ya untuk Team Medis Covid19.Semoga kalian semuanya diberikan kelancaran, keikhlasan, dll oleh Allah," kata akun @Muhammad Afifuddin.

"Merinding denger suara takbirnya.....masyallah enak banget suaranya.....🙏," tutur akun @R_DAY4T. 

"Semoga lelah bapak bapak menjadi amal kebaikan dunia dan akhirat," jelas akun @kan. 

"Tetap semangat teman sejawatku Doaku dari negeri seberang semoga Indonesia cepat pulih dan kembali spt semula🥰," balas akun @fellin.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: