Sukses

Harus Dicoba, 5 Makanan yang Bisa Perbaiki Mood dengan Cepat

Penasaran makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan mood?

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semua individu merasakan mood atau suasana hati yang baik setiap harinya. Mood yang jelek tentu akan mengganggu aktivitas keseharian, seperti malas bekerja.

Banyak individu memiliki cara sendiri untuk memperbaiki mood yang jelek. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan favorit. Namun, nyatanya ada beberapa makanan dan minuman yang diklaim bisa meningkatkan mood seseorang.

Nah, penasaran makanan apa saja yang bisa membantu meningkatkan mood? Berikut ulasannya seperti melansir dari Boldsky, Senin (19/4/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Pisang

Pisang kaya akan kalium dan magnesium, yang keduanya bertindak sebagai pemacu suasana hati alami, karena meningkatkan kadar serotonin di otak.

Selain itu, pisang kaya akan vitamin A, B6 dan C, dan asam amino triptofan yang bisa meningkatkan mood.

Pisang hijau sangat baik untuk kesehatan usus Anda karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat, yang membantu mencegah gangguan mood.

3 dari 6 halaman

2. Cokelat Hitam

Cokelat menjadi salah satu makanan yang bisa menyembuhkan suasana hati yang galau atau stres.

Cokelat hitam memiliki khasiat untuk meningkatkan hormon "suasana hati yang baik" dalam tubuh dengan mengurangi hormon pemicu stres.

Penelitian telah menemukan bahwa hanya makan 1,4 ons cokelat hitam memiliki kemampuan yang kuat untuk menurunkan hormon stres kortisol dan katekolamin dalam tubuh, sehingga mengurangi kecemasan Anda.

4 dari 6 halaman

3. Kopi

Kopi menjadi salah satu minuman yang bisa meningkatkan mood Anda. Kafein dalam kopi mencegah senyawa alami yang disebut adenosine dari menempel pada reseptor otak yang meningkatkan kelelahan dan meningkatkan pelepasan neurotransmitter yang meningkatkan mood, seperti dopamin dan norepinefrin.

Studi mengaitkan efek perasaan nyaman dari kopi dengan berbagai senyawa fenolik, seperti asam kloregenat.

Anda bisa membuat kopi sedikit lebih sehat dengan memilih merek organik, menghindari pemanis buatan dan tidak menambahkan susu.

5 dari 6 halaman

4. Brokoli

Dikenal sebagai salah satu makanan tersehat di dunia, brokoli kaya akan asam folat dan kromium. Keduanya dikenal bisa meningkatkan mood dan memiliki manfaat kesehatan lain yang luar biasa, termasuk mencegah timbulnya beberapa jenis kanker.

6 dari 6 halaman

5. Kelapa

Kelapa diklaim mampu meningkatkan mood seseorang. Air yang ditemukan di dalam kelapa penuh dengan elektrolit yang akan meningkatkan mood Anda secara instan.

Bukan berarti air hanya cukup untuk meningkatkan mood Anda. Daging kepala itu sendiri adalah penguat mood yang sangat baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.