Sukses

Jangan Dibuang, 7 Manfaat Teh Celup Bekas Bagi Kehidupan Sehari-hari

Liputan6.com, Jakarta - Teh menjadi salah satu minuman yang banyak disukai individu. Selain karena rasa dan aromanya yang khas, teh juga memiliki manfaat lain bagi tubuh.

Kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antipenuaan, teh nyatanya ampuh untuk membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya.

Teh juga terdiri dalam beberapa bentuk, ada yang celup, tubruk dan bubuk. Nah, teh celup biasanya banyak digunakan karena lebih praktis. Namun, kini Anda tidak perlu membuang kantung teh celup setelah digunakan, karena teh celup bekas memiliki beragam manfaat menakjubkan.

Nah, penasaran apa saja manfaat kantung teh celup bekas lainnya? Berikut ulasannya seperti melansir dari Shared, Sabtu (20/2/2021).

1. Basmi Tikus

Keberadaan tikus dan semut di dapur tentu sangat menganggu. Untuk itu, Anda bisa menggunakan teh di tempat-tempat di mana kedua hewan itu muncul.

Jangan lupa untuk menambahkan esential oil pepermint agar menjauhkan mereka dari rumah atau dapurmu. Agar terus mencegah mereka datang, Anda perlu rajin mengganti kantung teh.

2 dari 8 halaman

2. Merendam Kaki

Menangani kaki yang lelah seharian bisa diatasi dengan merendamnya. Anda bisa menggunakan kantung teh ketika merendamnya untuk membuat kaki menjadi lebih rileks, segar dan menghilangkan bau.

Selain itu, menyertakan kantung teh dalam rendaman kaki dapat menghilangkan sel-sel kulit mati.

3 dari 8 halaman

3. Mengatasi Luka Bakar

Di dapur terkadang ada saja kejadian yang tidak kita sangka, misalnya terkena api. Salah satu cara mengatasinya yakni bisa dialirkan dengan air ke bagian luka bakar atau digosok menggunakan kantung teh yang telah dibasahi.

Kantung teh dipercaya mengandung polifenol dan asam yang dapat meringankan inflamasi pada kulit terbakar.

4 dari 8 halaman

4. Mengatasi Kantung Mata

Jika matamu terasa sembab, Anda bisa berbaring selama 15 menit dan menaruh kantung teh basah di area mata.

Cara tersebut dinilai dapat mengatasi kantung mata hingga lingkaran hitam di bawahnya. Selain itu, kandungan teh juga dipercaya dapat menghaluskan kulit

5 dari 8 halaman

5. Membersihkan Wajan

Makanan yang digoreng dalam wajan dapat membekas dan menimbulkan noda hitam. Jika Anda sedang sibuk dan tidak punya waktu untuk mencuci wajan, Anda bisa menggosokkan bekas dari kantung teh yang sebelumnya sudah direndam.

Kandungan dalam kantung teh juga dapat menahan lapisan wajan agar tahan karat.

6 dari 8 halaman

6. Menghilangkan Bau

Air yang tumpah pada karpet dapat menimbulkan bau tak sedap. Kantung teh bersama dengan soda dan bubuk soda punya khasiat untuk menghilangkan bau yang tak sedap pada karpet.

Anda hanya perlu taburkan soda kue dan taruh kantung teh di area yang bau pada karpet dan gunakan 15 menit supaya bau tak sedap bisa hilang.

Karena terkenal menyerap bau, kantung teh juga bisa dimasuKkan ke dalam kotak pasir kucing agar dapat mengurangi bau menyengat pada tinja kucing di pasir.

7 dari 8 halaman

7. Menyegarkan Lemari Es

Karena banyak bahan makanan yang dimasukKan ke dalam lemari es, hal ini dapat menimbulkan bau tak sedap dari kulkas.

Anda bisa masukkan kantung teh ke dalam lemari es agar menyerap bau tersebut. Selain itu, agar bau dalam kulkas tak sering muncul, Anda juga perlu rajin untuk menggantinya.

8 dari 8 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: