Sukses

Profil Alex Telles, Pemain Manchester United yang Susul Cristiano Ronaldo Gabung Al Nassr

Satu lagi mantan pemain Manchester United yang bergabung dengan Al Nassr yakni Alex Telles. Ia menyusul Cristiano Ronaldo untuk berkarier di Liga Arab.

Liputan6.com, Jakarta - Bek Brasil Alex Telles (30) meninggalkan Manchester United dan bergabung dengan Al-Nassar.

Dikutip dari BBC, Senin (24/7/2023), Alex Telles akan bereuni dengan mantan rekan setim Manchester United Cristiano Ronaldo yang bergabung dengan tim Al-Nassr pada Januari. Namun, biaya dan panjang kontrak belum dikonfirmasi oleh salah satu klub.

Alex Telles telah mencatat 50 penampilan untuk Manchester United sebagai bek kiri setelah didatangkan dari Porto senilai 13,6 juta pound sterling atau sekitar Rp 262,94 miliar (asumsi kurs pound sterling terhadap rupiah di kisaran 19.334) pada 2020.

Akan tetapi, Alex Telles habiskan musim lalu dengan status pinjaman di Sevilla. Liga Arab Saudi telah menjadi berita utama musim panas ini seiring striker Prancis Karim Benzema bergabung dengan Cristiano Ronaldo di Al-Nassr.

Bicara mengenai Alex Telles, ia pemain Liga Premier terbaru yang pindah mengikuti pemain seperti N’Golo Kante dari Chelsea dan striker Liverpool Roberto Firmino.

Pemain Brasil ini memiliki 12 caps internasional dan membuat dua penampilan di Piala Dunia 2022. Ia bersaing dengan pemain Inggris Luke Shaw  untuk bek kiri di Old Trafford.

Ia dipinjam ke Sevilla musim lalu setelah kesulitan mendapatkan peluang tim utama dan membuat 38 penampilan untuk tim La Liga, dimulai dengan kemenangan atas AS Roma melalui adu penalti di final Liga Europa. Berikut profil Alex Telles yang dikutip dari berbagai sumber.

Profil Alex Telles

Manchester United mendatangkan Alex Telles dari FC Porto pada 2020 setelah tertarik dengan aksi pemain dengan tinggi 181 cm. Alex Telles bersama dengan FC Porto mencatatkan 131 penampilan dan mencetak 29 gol. Tak hanya itu, ia juga hadirkan 40 assits di Liga Portugal.

Akan tetapi, Telles tampil kurang menjanjikan di Stadion Old Trafford seperti yang ditunjukkan saat bermain di Porto. Selama bermain di Manchester United ia mencatatkan 50 penampilan dan mencetak satu gol di seluruh kompetisi karena kalah bersaing dengan bek kiri lainnya Luke Shaw, demikian dikutip dari Antara.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prestasi Alex Telles

Ia tidak masuk skema formasi pelatih Manchester United Erik Ten Hag, dan dipinjamkan kepada Sevilla pada Agustus 2022. Alex Telles telah mempersembahkan satu gelar Europa League musim 2022/2023 bersama dengan Sevilla. Ia mencatat 27 kali penampilan bersama dengan Sevilla.

Adapun Alex Telles lahir di Caxias do Sul, Brasil pada 15 Desember 1992. Dikutip dari Bola.com, Telles memulai karier junior di Juventue dan menjalankan debut profesional pada 2011 ketika masih berkompetisi di divisi empat Liga Brasil.

Ia pun pindah ke tim lebih besar, Gremio, salah satu klub terbaik di Liga Brasil. Telles masuk susunan pemain terbaik Brasileiro Serie A Team of the Season pada akhir musim 2013.

Ia telah meraih banyak gelar walaupun namanya jarang terdengar. Ia pernah meraih trofi Liga Portugal bersama FC Porto dan menjuarai Liga Turki saat bergabung bersama Galatasaray.

3 dari 4 halaman

Alex Telles Susul Cristiano Ronaldo, Uang Belanja Manchester United Bertambah

Sebelumnya, Manchester United sukses menambah anggaran untuk belanja pemain pada bursa transfer musim panas 2023. Mereka mendapat suntikan dana menyusul penjualan Alex Telles.

Setan Merah menemukan pembeli bek asal Brasil itu. Mereka bakal melepas Telles ke klub Arab Saudi Al Nassr. Di sana dia bergabung dengan eks bintang MU lainnya Cristiano Ronaldo.

Telles sudah lama tidak masuk rencana manajer MU. Mulai dari Ole Gunnar Solskjaer, Ralf Rangnick, hingga kini Erik ten hag. Musim lalu dia dipinjamkan ke Sevilla karena Setan Merah sudah memiliki Luke Shaw dan baru saja membeli Tyrell Malacia.

Manchester United mengikat Telles dengan kontrak hingga 2024 plus opsi perpanjangan setahun. Karena perjanjian tersebut, mereka meminta uang transfer ke Al Nassr. Namun, menurut pakar transfer Fabrizio Romano, nominalnya belum disepakati. Telles sendiri dikabarkan sudah menerima proposal Al Nassr yang menawari ikatan kerja hingga 2026.

MU mendatangkan Telles dari FC Porto usai menyetor 15 juta poundsterling pada 2020. Mereka kepincut melihat kinerja Telles yang mencatatkan 131 penampilan dan mencetak 29 gol serta 40 assist.

Namun, Alex Telles sulit menjadi starter di Old Trafford. Selama berseragam Setan Merah, dia cuma bermain 50 kali dan menyumbang satu gol.

 

4 dari 4 halaman

Demi Danai Pembelian Pemain Anyar Manchester United

Manchester United akan menggunakan uang hasil penjualan Telles demi mendanai pembelian muka anyar. Mereka sudah merekrut Mason Mount dari Chelsea senilai 55 juta pounds. 

Setan Merah juga segera mengumumkan kedatangan kiper Inter Milan Andre Onana yang memakan biaya 55 juta euro. Tidak berhenti sampai di situ, MU tengah membidik penyerang Atalanta Rasmus Hojlund.

Telles sendiri bukan satu-satunya pemain yang masuk daftar jual MU. Dilaporkan ada 13 nama yang siap dilepas, termasuk di antaranya Harry Maguire, Anthony Martial, dan Jadon Sancho.

Laporan tersebut mengklaim Maguire akan tersedia dengan biaya sekitar 40 juta pound. Bek tengah timnas Inggris itu kesulitan mendapatkan menit bermain selama musim 2022-23.

Sancho juga diduga dapat pergi. Man United mencari sekitar 40 juta pound untuk pemain sayap asal Inggris itu, yang sebagian besar berjuang menunjukkan performa terbaiknya sejak tiba dari Borussia Dortmund dua tahun lalu.

Sementara, Martial dikatakan dihargai harga 25 juta pound. Striker asal Perancis itu juga berpotensi pergi meskipun Man Utd kekurangan pilihan di sepertiga akhir lapangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini