Sukses

Prioritas yang Wajib Dilakukan Demi Hidup yang Lebih ‘Mapan’ di 2022

Jelang tahun baru ada baiknya Anda mulai memilah-milah apa saja yang menjadi prioritas pengeluaran rumah tangga.

Liputan6.com, Jakarta Tak terasa kita segera memasuki tahun baru, walaupun situasi ekonomi terus membaik dibanding dua tahun sebelumnya, namun kita tidak boleh lengah. Perlambatan ekonomi yang terjadi membuat Anda harus ekstra hati-hati dan disitulah pentingnya bagi Anda menjaga kesehatan fisik maupun finansial.

Jelang tahun baru ada baiknya Anda mulai memilah-milah apa saja yang menjadi prioritas pengeluaran rumah tangga.

Hitung semua pendapatan bulanan

Hal utama namun sering diabaikan orang adalah menghitung seluruh pendapatan bulanan, baik pendapatan reguler seperti gaji maupun side hustle. Dengan memastikan pendapatan bulanan itu artinya Anda memiliki kontrol penuh pada saat menentukan pengeluaran bulanan.

Prioritaskan pengeluaran

Atur keuangan dengan merencanakan pengeluaran bulanan, jangan lupa mencatat kebutuhan Anda dan keluarga hingga detail terkecil. Lalu, cek kembali dan tentukan skala prioritas, misal karena melihat situasi pembatasan bepergian di tengah akhir tahun Anda bisa mengurangi kebutuhan rekreasi dan jalan-jalan keluarga ke kebutuhan lain yang lebih memiliki urgensi.

Siapkan dana darurat

Dana darurat memungkinkan Anda dan keluarga dapat bertahan di tengah situasi tak terduga. Jumlah idealnya sekitar 3-6 bulan pengeluaran bulanan namun di situasi saat ini lebih banyak lebih baik. Nantinya dana darurat tersebut bisa digunakan keluarga untuk menyambung hidup jika sang pencari nafkah mengalami risiko, misal dirawat karena sakit.

Ikut serta asuransi kesehatan

Tanpa sadar kita seringkali menjalani pola hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan siap saji, begadang karena pekerjaan, stres, dan jarang berolahraga. Kebiasaan tersebut pada akhirnya memicu melemahnya daya tahan tubuh sehingga rentan terhadap berbagai penyakit.

Di tengah cuaca yang tak menentu seperti saat ini, penting bagi kita untuk memiliki asuransi kesehatan agar dapat mengantisipasi pengeluaran medis akibat anggota keluarga maupun diri sendiri terserang penyakit apalagi menjelang akhir tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berikan rasa aman untuk Anda dan keluarga

Agar lebih merasa aman dan tenang menjelang tahun baru, cek lagi aktivasi polis asuransi kamu apakah perlu diperpanjang atau tidak. Misalnya asuransi kesehatan yang dapat mengurangi risiko kerugian baik secara fisik maupun finansial jika ada hal yang mengharuskan Anda melakukan pengobatan dengan biaya fantastis tak terduga.

Salah satunya adalah Garda Healthtech dari Asuransi Astra yang memberikan jaminan pelayanan medis melalui telemedicine via aplikasi Halodoc dan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit yang dapat dilakukan oleh dokter umum dan spesialis.

Garda Healthtech juga memberikan Anda kemudahan memilih asuransi sesuai kebutuhan agar #SehatmuTerlindungi. Ada 3 (tiga) pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan budget Anda yaitu: Paket Fit senilai Rp500 ribu, Paket Classy senilai Rp900 ribu dan Paket Ultima senilai Rp1,2 juta

Khusus untuk periode pembelian tanggal 12 -31 Desember 2021 Garda Healthtech bisa dibeli mulai Rp299 ribu per tahun dengan jaminan konsultasi online dan pemeriksaan lanjutan tatap muka hingga jaminan obat dengan total manfaat hingga Rp3,2 juta.

Untuk info lebih lanjut silahkan klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.