Sukses

Mau Hidup Hemat? Yuk Lakukan 4 Hal Sederhana Ini

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang mungkin hidup hemat terasa begitu menyiksa dan sungguh sulit untuk dilakukan.

Namun, sebenarnya hidup hemat begitu sederhana dan mudah dilakukan. Hanya saja sayangnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana dan hal sederhana apa sajakah yang bisa dilakukan.

Apakah Anda salah satu yang termasuk orang seperti ini? Jika iya, jangan khawatir berikut ada beberapa tips sederhana yang dapat Anda lakukan agar hemat. Penasaran?

Dilansir dari laman CNBC, berikut empat hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk hidup lebih hemat lagi:

 

2 dari 4 halaman

1. Bawa Bekal

Jika Anda masih suka membeli makanan ketika makan siang, mulailah berubah. Sempatkanlah untuk membuat makanan sebelum berangkat kerja, hitung-hitung untuk makanan saat sarapan dan sisanya dibungkus untuk makan siang.

Tidak perlu makanan yang rumit, cukup makanan sederhana yang terpenting tetap nikmat dan bisa membuat Anda tidak kelaparan di siang hari.

2. Membawa Botol Minum

Selain bekal, botol minum juga menjadi salah satu hal wajib yang harus dibawa setiap harinya. Selain hemat, membawa botol minum setiap hari juga akan membuat Anda lebih sehat karena pasokan minum yang terjaga selalu.

 

3 dari 4 halaman

3. Buat Daftar Belanjaan

Sering kali ketika berbelanja kita lupa diri hingga akhirnya semua barang yang ada dibeli. Jika dibeli dan habis mungkin itu akan bermanfaat, tapi apa jadinya jika dibeli namun pada akhirnya akan dibuang?

Sungguh pemborosan yang nyata. Untuk itu, sebelum berbelanja ada baiknya Anda membuat daftar benda-benda apa saja yang ingin dibeli.

4. Jangan Beli hanya karena Merek

Apakah Anda salah satu orang yang membeli sesuatu hanya karena merek? Jika iya, maka berubahlah.

Apalagi yang Anda beli itu hanya sebuah tisu kamar mandi, atau perlengkapan sederhana lainnya. Karena pada dasarnya benda-benda ini memiliki fungsi dan kualitas yang tidak jauh berbeda.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Loading
Artikel Selanjutnya
Ini Dia 5 Langkah Berhemat di Akhir Pekan!
Artikel Selanjutnya
Tips Hemat untuk Pekerja Kantoran ala Adrian Maulana, Bisa Sisihkan hingga Rp2,8 Juta/Bulan