Sukses

Lakukan 7 Hal Ini agar Tak Boros saat Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta Meskipun banyak pengeluaran tak terduga saat akhir pekan, namun jangan jadikan ini sebagai alasan untuk boros dan akhirnya menghamburkan uang. 

Apakah Anda salah satu yang sering merasa dompet menjerit setelah akhir pekan? Jika iya, maka ada yang salah dengan pola pemakaian uang Anda saat akhir pekan. Namun jangan khawatir, berikut ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar uang tetap aman saat akhir pekan. Mau tahu bagaimana caranya?

Dilansir dari laman Bustle, berikut tujuh hal yang harus Anda lakukan agar uang tetap aman saat akhir pekan:

1. Ajak Teman Kumpul di Rumah

Jika Anda sudah memiliki rencana untuk kumpul bersama teman di restoran atau cafe pada akhir pekan, maka pikirkan kembali rencana tersebut. Untuk itu, mulailah ajak teman Anda untuk berkumpul di rumah dibandingkan di luar. Karena, berkumpul bersama teman di rumah akan menekan pengeluaran Anda.

 

2 dari 4 halaman

2. Jual Barang yang Jarang Terpakai

Jika kamar dan lemari Anda sudah terasa penuh dengan barang-barang sudah jarang dipakai, maka mulailah jual kembali barang-barang tersebut. Selain kamar dan lemari akan rapih, ini juga akan membuat pemasukan tambahan baru selama akhir pekan.

3. Rencanakan Kegiatan selama Akhir Pekan secara Rinci

Mulailah atur semua kegiatan yang akan Anda lakukan selama akhir pekan secara terperinci. Hal ini akan membantu Anda menghemat uang lebih banyak dan terhindar dari pengeluaran yang tidak seharusnya.

 

3 dari 4 halaman

4. Hindari Penggunaan Taksi Online

Jika Anda berada di tengah kota, maka hindarilah penggunaan taksi online saat akhir pekan tiba. Gunakanlah transportasi umum seperti kereta atau bis. Hal ini akan benar-benar menekan pengeluaran Anda.

5. Masaklah Dibanding Membeli Makanan

Akhir pekan tentu akan membuat banyak orang malas untuk melakukan apa-apa, dan hingga akhirnya selalu membeli makanan dari luar dibanding memasak sendiri. Jika Anda termasuk ke dalam salah satu orang yang seperti ini, maka berubahlah. Masaklah jika ingin memakan sesuatu. Selain irit, makanan yang Anda makan juga terjamin kebersihan dan kesehatannya.

 

4 dari 4 halaman

6. Beri Tahu Teman Jika Anda Sedang Hemat

Jangan malu dan ragu untuk memberi tahu teman jika Anda sedang menghemat pengeluaran. Dengan begini, teman juga akan tahu diri dan selalu mengingatkan Anda ketika berada di luar kendali.

7. Pikirkan Kembali Tujuan Hemat Anda

Jika sudah mulai merasa lelah untuk hemat saat akhir pekan, maka mulailah pikirkan kembali hal apa yang ingin Anda capai dengan berhemat seperti ini. Dengan begini, Anda akan kembali bersemangat untuk hemat. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Trik Berhemat yang Unik tapi Manjur, Mau Coba?
Artikel Selanjutnya
5 Trik Tetap Bisa Menabung Buat Orang yang Boros