Sukses

Harga Daging Ayam Naik Jadi Rp 45 Ribu per Kg

Harga telur di pasar tradisional terpantau normal pada akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir sepekan ini, harga daging ayam tercatat naik di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan. Kenaikan harga daging ayam capai Rp 5 ribu per kilogram (kg).

Murni (38), pedagang ayam di Pasar Mencos, kini menjual daging ayam di kisaran Rp 45 ribu - 50 ribu per kg. Dia mengaku, kenaikan harga daging ayam menyentuh Rp 5 ribu per kg.

"Normalnya Rp 40 ribu-lah saya jual, ini sudah hampir seminggu jadi Rp 45 ribu per kg," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Mencos, Jumat (12/10/2018). 

Murni mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga daging ayam itu. Namun, Murni memastikan pasokan ayam terbilang lancar bagi para pedagang.

"Pasokanya sih masih banyak, enggak ngerti juga. Yang pasti dari pasarnya kita ambil emang udah tinggi," kata dia.

Berbeda dengan Murni, Dimas (28) membanderol harga daging ayam di kisaran Rp 42 ribu - 45 ribu per kg. Meski begitu, harga tersebut masih terhitung lebih tinggi dari kisaran normal.

Sementara itu, harga daging sapi masih tercatat normal di Pasar Mencos hari ini. Muhidin (51) membanderol daging sapi di harga Rp 110 ribu per kg. Adapun, Rizal (29) menjual daging sapi di Rp 120 ribu per kg.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Telur Ayam di Pasar Mencos Stabil Rp 23 Ribu per Kg

Harga telur di pasar tradisional terpantau normal pada akhir pekan ini. Telur ayam kini dibanderol Rp 23 ribu per kilogram (kg) di Pasar Mencos Setiabudi, Jakarta Selatan, Jumat (12/10/2018).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, dua agen telur di Pasar Mencos kompak menjual telur ayam di posisi Rp 23 ribu per kg. Nur (30) dan Puryadi (28) menjelaskan, belum ada tanda-tanda kenaikan untuk harga telur.

Nur bahkan memprediksi, telur ayam akan mengalami penurunan harga kembali hingga minggu depan. "Ini stok yang kemarin aja belum laku, minggu depan palingan bisa Rp 22 ribu per kg," tutur dia. 

Sementara itu, Puryadi mengaku masih belum tahu terkait fluktuasi [harga telur]( 3653231 "") ke depan. Dia menekankan, harga telur ayam pada minggu ini tidak ada kenaikan.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita telah menetapkan harga acuan telur di tingkat konsumen naik Rp 1.000, dari semula Rp 22 ribu menjadi Rp 23 ribu per kg.

Keputusan itu mengacu pada Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 58 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

Dengan ini, harga telur ayam di Pasar Mencos belum ada kenaikan atau terbilang normal. Itu diikuti dengan harga telur kampung yang dibanderol Rp 2.500 per butir dan telur puyuh seharga Rp 30 ribu per kg oleh Nur pada hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.