Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

4 Tips Jitu Mengelola Uang THR agar Tak Langsung Ludes

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda merasakan setelah menerima uang THR (Tunjangan Hari Raya) tanpa sadar habis begitu saja entah ke mana? Baru juga seminggu berlalu, uang THR seolah lenyap tak bersisa. Bukan apa-apa, pasti ada yang salah dengan pengalokasian THR itu.

THR merupakan uang tambahan di luar gaji yang didapat menjelang hari raya dari perusahaan. Biasanya, dana THR akan dibagikan dua minggu sebelum lebaran tiba, yakni sebesar satu kali upah gaji bulanan yang mencakup gaji pokok dan tunjangan tetap untuk yang sudah bekerja lebih dari 1 tahun, dan akan disesuaikan bagi mereka yang kurang dari setahun.

Siapa sih yang tidak senang ketika mendapatkan uang lebih? Tapi kita juga harus bisa mengelolanya agar bisa bermanfaat. Sebab, jika Anda memakainya tanpa berpikir terlebih dahulu, tentu akan berakibat fatal.

Untuk itu, agar uang THR Anda bisa bermanfaat dan tidak terbuang sia-sia, berikut beberapa tips mengelola dana THR seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Masukkan Sebagian Uang THR ke Dalam Tabungan

Tak dimungkiri, kebanyakan orang memakai uang THR untuk berbelanja keperluan sehari-hari. Tentu hal ini sah-sah saja untuk dilakukan, namun tetap harus dikontrol.

Cobalah lakukan hal yang berbeda di Lebaran tahun ini dengan menggunakan uang THR Anda sekitar 30-50 persen untuk ditabung segera setelah Anda menerimanya.

Jika Anda memiliki rekening yang lain, bisa juga Anda tabung uang THR tersebut di rekening yang bukan rekening utama Anda agar tidak mudah tergoda untuk menggunakannya. (Baca Juga: Inilah Pentingnya Punya Perencanaan Keuangan)

2 dari 3 halaman

2. Jangan Lupa Zakat Fitrah, Infak, dan Sedekah

Saat menerima THR, jangan lupa untuk bersedekah, infak, dan zakat. Di sini ada perbedaan waktu pembayaran masing-masing. Anda bisa bersedekah dan berinfak kapan saja. Namun, waktu pembayaran zakat fitrah, hanya dapat dilakukan pada waktu-waktu tersentu selama bulan Ramadan berlangsung dan sebelum bulan Puasa berakhir.

Untuk itu, sisihkanlah uang THR dan gaji untuk hal ini. Selain itu, jangan lupa untuk menyisihkan uang THR Anda untuk diberikan kepada kerabat dekat Anda, terutama anak-anak kecil yang pastinya mereka akan sangat senang, bukan? Dan ini merupakan bagian dari sedekah Anda.

3. Belanja Pakaian dan Perlengkapan Ibadah Seperlunya

Saat Lebaran, tidak semuanya harus serba baru, seperti pakaian, gadget, dan lainnya. Sebab yang terpenting dalam perayaan Hari Raya Idul Fitri adalah kebersamaan dalam menjalin hubungan kekeluargaan dan kekerabatan yang erat.

Namun, tak dimungkiri, kebanyakan orang merasa kalap sesaat setelah menerima uang THR. Seketika itu juga, ingin menggunakannya untuk belanja pakaian baru dan perlengkapan ibadah untuk persiapan Lebaran. Padahal, semua itu bukanlah hal yang sangat penting.

Untuk itu, sebaiknya Anda jangan berlebihan dalam membelanjakkan uang THR Anda hanya untuk membeli pakaian baru. Apalagi, jika ternyata Anda masih memiliki barang lama, seperti baju atau sepatu yang masih layak untuk dipakai ketika lebaran.

Cobalah, alokasikan 10 hingga maksimal 20 persen uang THR untuk membeli pakaian baru dan perlengkapan ibadah jika diperlukan. (Baca Juga: 5 Cara Sehatkan Kembali Keuangan Anda Pasca Lebaran)

3 dari 3 halaman

4. Gunakan Uang THR untuk Dana Mudik

Tradisi mudik pulang kampung merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dengan momen Lebaran setiap tahunnya. Bagi Anda yang ingin mudik saat lebaran tahun ini, sebaiknya sudah memiliki perencanaan yang matang. Penting untuk melakukan perencanaan yang matang jauh-jauh hari sebelumnya agar kegiatan mudik yang Anda lakukan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Cobalah untuk melakukan perhitungan yang cermat mengenai segala hal yang berhubungan dengan mudik yang akan Anda lakukan. Rencanakanlah dengan matang tentang biaya untuk membeli tiket, transportasi menuju ke terminal, bandara, pelabuhan, atau stasiun kereta api, hingga transportasi menuju ke tempat tinggal Anda.

Hal ini juga termasuk dana yang diperlukan selama di perjalanan jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan jasa rental mobil. Berapa hari Anda akan berada di kampung halaman dan bagaiman tiket pulang setelah lebaran tentunya sudah masuk dalam perencanaan Anda. Jika Anda memiliki mobil atau motor sendiri dan berniat menggunakannya untuk pulang kampung, sisihkanlah dana THR untuk perawatan kendaraan dan juga biaya bensin pulang pergi.

Kelola Uang THR dengan Baik dan Nikmati Lebaran Bersama Keluarga

Sudah seharusnya Anda untuk mengelola uang THR sebaik mungkin. Dengan mengelolanya secara baik, tentu akan memberikan manfaat yang lebih pula bagi Anda.

Jika dibandingkan dengan menghabiskan uang THR untuk bersenang-senang, seperti makan mewah, beli berbagai macam barang yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan, sudah sepatutnya uang itu digunakan untuk membayar atau melunasi utang jika ada, menabung, bersedekah, dan juga berinvestasi jika masih berlebih.

Loading
Artikel Selanjutnya
Simak Cara Mudah Berbisnis Katering
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Rencana Karier biar Sukses