Sukses

Kemenhub Bakal Kembangkan 4 Bandara di Jawa Barat

Pengembangan empat bandara di Jawa Barat diharapkan dapat dorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana mengembangkan bandara di empat daerah di Jawa Barat untuk penerbangan komersil. Pengembangan bandara ini diharapkan mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sekitarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, empat daerah tersebut antara lain, Pangandaran, Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi. Dia menyatakan, yang paling siap untuk diresmikan pengoperasiannya yaitu Bandara Nusawiru di Pangandaran.

‎"Ada empat bandara, Nusawiru (Pangandaran), Tasikmalaya, Garut dan Sukabumi.‎ Di Jawa Barat bagian selatan karena dua minggu lalu saya ke Pangandara, di sana ada Nusawiru. Kita segera bisa resmikan," ujar dia di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (26/11/2016).

Selain Nusawiru, lanjut Budi, bandara di Tasikmalaya juga siap untuk melayani penerbangan komersial. Namun untuk Garut dan Sukabumi baru akan dikembangkan.

"Nusawiru dan Tasikmalaya sudah bisa berjalan, yang belum di Garut dan Sukabumi. Kita harus mikirkan ada Garut dan Sukabumi dan ternyata ada lapangan penerbangan lama, tanahnya sudah dikuasai. Bagi perhubungan bisa gampang buat kita," kata dia.

Meski demikian Kemenhub serius untuk mengembangkan ‎bandara-bandara tersebut. Pada tahun depan, desain bandaranya akan diperbaiki dan mulai dikerjakan sehingga diharapkan bisa rampung pada 2018.

"Tahun 2017 awal kita desain, kita perbaiki, 2018 bisa berfungsi. Paling tidak ada lapangan terbang dimana ATR bisa jalan. Di sana perikanan dan turisnya luar biasa potensi. Saya minta Pak Gubernur bisa menyelesaikannya, dan merencanakan pembangunannya," ujar dia. (Dny/Ahm)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.