Sukses

Kemenhub Bentuk Tim Pendanaan Infrastruktur Perhubungan

Menteri Perhubungan Budi Karya juga meminta kepada pemerintah daerah untuk memberi dukungan dalam pembangunan infrastruktur.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan RI (Menhub) Budi Karya Sumadi terus mendorong swasta untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur sektor transportasi.

Untuk mengawal itu, Budi Karya telah membentuk Tim Pendanaan Infrastruktur Perhubungan. Budi menuturkan, tim tersebut terdiri dari berbagai pejabat kementerian perhubungan dan para praktisi.

"Tim ini nanti akan memilah proyek mana saja yang bisa diambil oleh BUMN ataupun swasta lainnya, karena kita mendorong hal itu," kata Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu (16/11/2016).

Budi Karya menegaskan tim ini dinilai memiliki kinerja cukup penting. Hal itu mengingat kebutuhan pendanaan untuk sektor infrastruktur mencapai Rp 1.283 triliun hingga 2019. Namun dari kebutuhan itu, pemerintah melalui APBN hanya bisa memenuhi Rp 491 triliun.

Hingga kini setidaknya Kementerian Perhubungan sudah menandatangani beberapa kesepakatan dengan BUMN dan swasta untuk pembangunan dan pengelolaan infrastruktur sektor perhubungan.

Untuk mengawal hal itu, Budi Karya juga meminta kepada pemerintah daerah memberikan dukungan. "Dengan diserahkan ke swasta ini akan meringankan kerjaan kita, sekaligus memperkuat posisi kita sebagai regulator," papar dia. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini