Sukses

Menhub Minta Akademisi Terlibat Pengembangan Transportasi Udara

Sektor‎ udara menjadi satu sektor transportasi yang mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan yang tidak bisa ditawar.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menyerahkan Adi Cipta Tata Wahana Nusantara Award kepada pemenang Penelitian Transportasi Tingkat Nasional 2016 di Kantor Kementerian Perhubungan. 

Dalam acara ini Budi Karya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan masyarakat, terutama dari kalangan akademisi, atas partisipasinya dalam meningkatkan peran serta demi kemajuan transportasi di Indonesia.

Budi Karya meminta kepada para pemenang untuk tidak berhenti berkarya dan terus menjadi mitra Kementerian Perhubungan dalam mengatasi persoalan transportasi selama ini.

"Saya sudah minta, supaya teman-teman sebagai penemu diberikan ruang selalu dialog dengan kita, jangan terus menang, tidak diajak ketemu lagi. Diajak ketemu, bisa membahas apa yang dia kerjakan, karena person yang mempunyai kualifikasi seperti ini tidak banyak," kata Budi Karya di kantor, Rabu (26/10/2016).

Dalam penelitian kali ini, Kemenhub memfokuskan di sektor transportasi udara. Hal ini dilakukan sektor transportasi udara menjadi fokus pembenahan Kemenhub. Diharapkan hasil penemuan ini akan bermanfaat bagi para pelaku dunia penerbangan di Indonesia.

Menurut Budi Karya, sektor‎ udara menjadi satu sektor transportasi yang mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan yang tidak bisa ditawar. Faktor inilah yang menjadi landasan Kemenhub dalam menentukan tema penelitian.

"Penerbangan juga membutuhkan teknologi tinggi, jadi para peneliti itu akan lebih termotivasi untuk menembus ilmunya lebih tinggi. Dan beberapa saat ini ada kesalahan, human error, itu juga menjadi satu hal yang advance yang harus dibenahi kita bersama," katanya.

Sampai saat ini Kemenhub memang belum memiliki anggaran untuk memfasilitasi penemuan-penemuan tersebut hingga sampai ke proses implementasi. Budi Karya mengatakan untuk hal itu masih dibutuhkan proses yang panjang.

Meski demikian, Budi Karya berjanji untuk menjadikan para pemenang peneliti tersebut sebagai mitra Kemenhub dalam menciptakan berbagai teknologi atau hal lain yang bisa memajukan dunia penerbangan Indonesia. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.