Sukses

Temasek Tahan Investasi di Perusahaan Teknologi China

Temasek sedang menunggu untuk melihat bagaimana China mendefinisikan aturan yang mengatur cara para pemain perusahaan teknologi.

Liputan6.com, Singapure - Temasek, investor Singapura menunda investasi baru di perusahaan teknologi China untuk sementara waktu karena ketidakpastian atas tindakan keras Beijing terhadap sektor tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Nikkei Asia, seperti dikutip Sabtu (16/4/2022), Kepala Strategi Investasi Rohit Sipahimalani mengatakan, Temasek sedang menunggu untuk melihat bagaimana China mendefinisikan aturan yang mengatur cara para pemain teknologinya dapat beroperasi sebelum membuat taruhan baru pada pemain digital negara itu.

"Kami mungkin akan menunggu untuk mengerahkan lebih banyak modal sampai kami memiliki sedikit lebih banyak kejelasan peraturan di ruang itu," jelas dia.

"Saya berharap dalam beberapa bulan ke depan Anda akan memiliki kejelasan peraturan, dan itu akan membentuk beberapa pemenang dan pecundang di luar sana."

Investor negara, yang menjawab pemerintah Singapura sebagai satu-satunya pemegang saham ekuitas, telah meningkatkan saham China selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2020, eksposurnya ke China melampaui negara asalnya untuk pertama kalinya, menurut angka yang dirilis perusahaan itu.

Namun, menurut laporan kinerja bulan Juli, eksposur Temasek ke China oleh aset dasar turun 2 poin persentase menjadi 27 persen dari totalnya, sementara pangsa Singapura tidak berubah di 24 persen.

Di Cina, Temasek telah mendukung raksasa e-commerce Alibaba Group dan Tencent Holdings, raksasa teknologi keuangan Ant Group dan perusahaan ride-hailing Didi Global -- semua perusahaan yang berada di bawah pengawasan peraturan Beijing.

Pada bulan Juli, Administrasi Cyberspace China menegur Didi karena melanggar keamanan nasional dalam manajemen datanya.

Ini dua hari setelah saham di perusahaan itu mulai diperdagangkan di New York setelah penawaran umum perdana senilai USD 4,4 miliar.

"Pemerintah China ingin mengatasi hal-hal seperti kekuatan monopoli platform teknologi besar," kata Sipahimalani.

Dikatakan Mereka ingin mengatasi masalah seputar privasi data langsung, dan mereka ingin mengatasi masalah ketidaksetaraan pendapatan.

"Hanya saja di China, cara eksekusinya sedikit lebih blak-blakan dan cepat, dan itulah mengapa hal itu menciptakan banyak kejutan di luar sana," katanya.

 

 

Sipahimalani mengangkat contoh Didi untuk menggambarkan ketidakpastian seputar bagaimana Beijing bermaksud memastikan privasi data di platform teknologi negara itu.

"Saat ini kekhawatiran investor adalah tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan perusahaan untuk mematuhinya," jelasnya.

"Jadi karena itu, sulit untuk mengetahui apakah mereka akan mampu, tidak akan, atau apa dampaknya terhadap perusahaan -- sehingga menjadi sulit untuk berinvestasi."

Sipahimalani mengatakan setelah diketahui apa yang diharapkan dari platform teknologi, akan mungkin untuk menilai dampaknya pada bisnis seperti Didi, dan dengan demikian menentukan manfaat berinvestasi di perusahaan tertentu.

Temasek secara khusus mencari kejelasan tentang sikap antimonopoli China. Ini bagaimana pihak berwenang akan mendefinisikan monopoli dan pembatasan apa yang akan diterapkan pada perusahaan untuk memenuhi tolok ukur peraturan Beijing.

"Saat ini, [pihak berwenang China] meminta Alibaba dan Tencent untuk membuka platform mereka, [untuk] saling terbuka dan yang lainnya, Anda tahu, apa lagi?" Sipahimalani mengatakan tentang langkah China yang dilaporkan untuk meminta kedua saingan teknologi itu berhenti memblokir satu sama lain di platform masing-masing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Contoh Lain

Pekan lalu, Tencent melaporkan pertumbuhan pendapatan paling lambat sebagai perusahaan publik karena tekanan regulasi China berdampak pada pendapatan game dan iklan.

Tencent bulan lalu merilis versi seluler dari franchise "League of Legends" yang sukses, yang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan pada kuartal keempat.

Tetapi media pemerintah China telah memperingatkan bahwa video game adalah bentuk "candu spiritual" bagi kaum muda, dan mandat pemerintah baru-baru ini telah membatasi pemain di bawah usia 18 tahun hanya tiga jam waktu bermain game setiap minggu.

Akibatnya, pengguna muda hanya menyumbang 1,1 persen dari pendapatan game domestik bruto Tencent pada bulan September, turun dari 4,8 persen tahun sebelumnya.

Terlepas dari tindakan keras Beijing, Sipahimalani mengatakan China akan tetap menjadi fokus untuk Temasek.

Dia mengutip bidang-bidang seperti teknologi medis, biotek, kendaraan listrik, dan energi terbarukan sebagai ruang pertumbuhan tinggi di China yang akan terus dilihat oleh perusahaan investasi, selain mengawasi bagaimana situasi di sektor teknologi.

"Platform internet ini tidak akan jalan," kata Sipahimalani.

"Mereka menciptakan jutaan pekerjaan, jadi ... saya tidak berpikir ada orang yang akan melakukannya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.