Sukses

Indonesia Berencana Perkuat Perdagangan dengan Australia di Bidang Produk Pertanian dan Jasa

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Don Farell, di sela rangkaian Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade (APEC MRT), Detroit, Amerika Serikat.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Pariwisata Australia Don Farell, di sela rangkaian Asia Pacific Economic Cooperation Ministers Responsible For Trade (APEC MRT), Detroit, Amerika Serikat.

Dalam pertemuan Zulkifli Hasan membahas sejumlah upaya peningkatan kerja sama dalam bidang perdagangan salah satunya pada produk pertanian dan jasa.

“Indonesia memandang Australia sebagai mitra strategis. Kami mendukung berbagai upaya untuk meningkatkan kerja sama perdagangan kedua negara dan semakin mendorong ekspor Indonesia ke Australia,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

Jika dilihat perdagangan Indonesia–Australia pada 2022 mencapai USD 13,3 miliar. Ekspor Indonesia tercatat sebesar USD 3,5 miliar dan impor Indonesia USD 9,9 miliar.

Sementara pada periode Januari—Maret 2023, total perdagangan Indonesia dan Australia mencapai USD 2,76 miliar. Ekspor Indonesia ke Australia sebesar USD 769,2 juta, sedangkan impor Indonesia dari Australia sebesar USD 1,99 miliar.

Komoditas ekspor utama Indonesia ke Australia antara lain pupuk mineral atau kimia, aparatus untuk TV, minyak petroleum, perangkat telepon, dan kayu. Sementara itu, komoditas impor utama Indonesia dari Australia antara lain daging beku, tembaga, anggur, seng, dan kapas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini