Sukses

Dorong UMKM untuk Naik Kelas, Ini Jurus yang Dilakukan Grup MIND ID

MIND ID mengajak beberapa UMKM Mitra binaan untuk turut serta hadir dalam ajang pameran Bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM.

Liputan6.com, Jakarta - MIND ID bersama dengan seluruh anggotanya PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum, PT Timah Tbk mengajak beberapa UMKM Mitra binaan untuk turut serta hadir dalam ajang pameran Bazar UMKM yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM. Pameran Bazar ini yang diselenggarakan dari tanggal 4-6 April 2023 ini dalam rangka Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil, dan Koperasi demi menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Acara yang dibuka oleh Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengajak seluruh direktur utama Grup MIND ID yang hadir untuk mendukung Gerakan Bangga Buatan Indonesia.

"Pemerintah saat ini terus mendorong penggunaan produk-produk dalam negeri, salah satunya dengan mencanangkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Jadi pada hari ini, kita, Kementerian ESDM mengadakan kegiatan bazar yang mengusung tema Sobat Energi Belanja UMKM," ujarnya, Selasa (4/4/2023).

MIND ID secara konsisten juga turut mendukung pengembangan dan mendorong seluruh mitra binaan yang berada di anggota Grup MIND ID untuk bisa Naik Kelas. Tercatat pada akhir tahun 2021 dan 2022, lebih dari 800 mitra binaan Grup MIND ID naik kelas.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Strategi MIND ID

Direktur Utama MIND ID Hendi Prio Santoso yang turut hadir dalam acara pembukaan bazar yang bertemakan Sobat Energi Belanja UMKM ini. Hendi menceritakan salah satu strategi Grup MIND ID dalam mendorong pengembangan UMK melalui pembagian berdasarkan kluster. “Grup MIND ID melaksanakan strategi pengembangan UMK naik kelas melalui pendekatan kluster diantaranya Perdagangan, Jasa, Industri, Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan,” ungkap Hendi.

Pada kesempatan yang sama MIND ID juga mengenalkan program MINDtrepreneur sebagai wujud strategi mendukung aselerasi UMKM Naik Kelas, selain sebagai wadah untuk UMK berkembang dan berbagi wawasan, para mitra binaan juga mendapatkan kesempatan memperluas jangkauan market.

Grup MIND ID terus berusaha memberi kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah sekitar tambang melalui pengembangan UMK dan praktik circular economy di setiap rantai bisnis Perusahaan.

“Melalui program MINDtrepreneur, MIND ID mendorong setiap mitra binaan untuk bisa mengambil peranan dan menjadi bagian dari rantai pasok perusahaan sesuai dengan arahan Presiden dan Menteri BUMN” tambah Hendi.

Strategi pengembangan UMK Grup MIND ID diharapkan dapat menjawab tantangan-tantangan yang dihadapi oleh UMK selama ini diantaranya adalah bidang Manajemen, Modal usaha, Strategi dan akses pemasaran, Standar dan kualitas mutu, dan Teknis produksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.