Sukses

Masjid di Makassar Bakal Gelar Salat Iduladha 2 Kali

Liputan6.com, Makassar - Masjid Darul Muttaqin bakal menggelar Salat Idul Adha 1433 Hijriah sebanyak dua kali, masing-masing di tanggal 9 dan 10 Juli 2022. Hal itu dilakukan demi mengakomodir keyakinan seluruh jemaahnya terkait pelaksanaan salat Iduladha itu sendiri. 

"Iya benar, insyaallah Sabtu dan Ahad, Salat Iduladha digelar dua kali," kata Sekretaris Umum Masjid Darul Muttaqin, Zul Ishaq Nur, Senin (4/7/2022).

Dia menjelaskan bahwa pelaksanaan Salat Iduladha sebanyak dua kali tersebut tak memandang golongan manapun. Hanya saja para jemaah masjid yang berada di Kecamatan Rappocini, Kota Makassar itu ada yang meyakini bahwa hari raya Iduladha ada yang jatuh pada tanggal 9 dan 10 Juli 2022. 

"Tidak golongan, tapi saya lihat ada jamaah yang menyakini Iduladha itu jatuh pada hari Sabtu tanggal 9 Juli. Jadi di masjid itu jamaahnya hanya umum organisasi cuman ada yang menyakini saja," jelasnya.

Meski melaksanakan salat Iduladha pada tanggal 9 Juli 2022, Zul memastikan bahwa prosesi pemotongan hewan kurban akan tetap dilakukan pada Minggu (10/7/2022). 

"Pemotongan hari Ahad. Jadi pemotongannya kita fokuskan hari Ahad. Jangan sampai kita potong di hari Sabtu, sedangkan hewan kurban itu patungan jangan sampai ada yang meyakini Iduladha itu hari Ahad. Sehingga difokuskan di hari Ahad saja," ungkapnya.

Zul menyebutkan bahwa panitia pemotongan hewan kurban akan menyembelih sekitar 40 ekor hewan kurban yang berasal dari jemaah masjid.

"Sekitar 40 ekor yang akan dikurbankan. Sementara ini kita sudah lakukan persiapan untuk pelaksanaan Salat Iduladha Sabtu dan Ahad, sudah ada khatib dan imamnya," pungkasnya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: