Sukses

Akhir Jejak Buaya Sleman di Tangan Puluhan Relawan

Setelah dua hari, buaya yang meresahkan warga Sleman ditemukan di kali yang berbeda.

Liputan6.com, Sleman Buaya yang muncul di Kali Kwagon, Sidorejo, Godean, Sleman pada Rabu, 29 November 2017 akhirnya berhasil ditangkap. Jejak buaya sepanjang dua meter dengan besar menyerupai pohon pisang itu berakhir di tangan puluhan relawan, Jumat (1/12/2017).

"Akhirnya bisa ditangkap sekitar pukul 10.32 WIB setelah 60 relawan turun untuk menangkap secara gropyokan," ujar Sukiman, Kepala Dusun Kwagon.

Relawan yang berasal dari Pakuwojo, aparat Polsek Godean, Koramil Godean, Tagana, aparat desa, masyarakat, dan sebagainya turun mencari jejak buaya mulai pukul 09.00 WIB. Buaya itu justru ditemukan di Kali Soka, Kwagon Sidorejo, Godean.

Buaya yang muncul dua hari lalu itu diperkirakan keluar dari Kali Kwagon dan menyeberang sawah menuju ke Kali Soka.

"Kami mencari dari jejak yang tertinggal di sawah," ucapnya.

Buaya ditangkap di dalam air dan segera diikat dengan tali, kemudian dibawa ke rumah Sukiman. Kepala Dusun itu juga sudah menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk tindak lanjut.

"Sekarang saya hanya menunggu, buaya ini mau diapakan," kata Sukiman.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Muncul Setelah Hujan Deras

Kemunculan buaya pertama kali diketahui oleh warga setempat bernama Sarino. Ia melintasi daerah tepi kali pada pukul 05.30 WIB. Buaya itu berada di atas tumpukan pelepah pisang di tengah kali dalam kondisi arus kali masih deras akibat hujan semalam.

Warga yang melihat pun melaporkan kepada aparat dusun supaya segera menangkap buaya itu. Mereka pun kembali ke kali dengan membawa tali tambang. Akan tetapi, sesampainya di kali buaya itu sudah hilang.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.