Sukses

Resep Praktis Coto Makassar yang Bikin Sahur Makin Gereget

Siapa bilang bikin coto Makassar ribet? Sontek resep praktisnya yang bikin sahur makin gereget

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Indonesia yang berkuah memang selalu menggungah selera, apalagi saat santap sahur dan buka puasa. Salah satunya coto Makassar yang sangat nikmat disantap hangat-hangat.

Apalagi coto Makassar bisa dinikmati dengan nasi atau ketupat. Dengan resep praktis coto Makassar ini, kita bisa membuat menu yang dikenal sulit menjadi mudah. Yuk, coba!

Bahan-bahan:

½ kg daging sapi (paha atau has dalam)1 ½ liter air cucian beras ke 22 batang sereh (geprek)3 lembar daun jeruk2 lembar daun salamGaram dan gula secukupnyaBumbu halus:

3 butir bawang merah4 siung bawang putih½ sdt merica1 sdm ketumbar¼ sdm jintan3 butir kemiri¼ pala½ ruas jahe½ ruas lengkuas75 gr kacang tanah goreng (dihaluskan)Minyak untuk menumisGula dan garam secukupnyaPelengkap:

Bawang gorengDaun bawangJeruk nipisSambal rawitTahapan:

1. Bersihkan daging, dan potong bentuk dadu, lalu rebus sebentar sampai mendidih. Buang air rebusan daging dan tiriskan.2. Dalam panci masukkan air, daging, sereh, daun jeruk, daun salam. Nyalakan api (slow cook).3. Tumis bumbu sampai harum dan matang, masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci rebusan daging.4. Tambahkan kacang tanah tumbuk, garam dan gula secukupnya.5. Masak sampai daging empuk, taburi dengan bawang goreng dan daun bawang.6. Sajikan dengan ketupat atau nasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.