Sukses

Mobil Diesel Mengeluarkan Asap Putih, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Saat pemilik memanaskan mobil pastinya akan mengeluarkan asap. Pasalnya, asap terjadi karena merupakan hasil dari proses pembakaran. Namun, lain halnya jika mobil diesel mengeluarkan asap putih.

Jika terjadi hal tersebut, berarti ada komponen mesin mobil yang menggunakan bahan bakar solar ini yang rusak.

Nah, cara mengatasi mobil keluar asap putih bisa dimulai dengan melakukan pemeriksaan turbocharger hingga tekanan kompresi di mesin. Seharusnya, permasalahan ini tidak terlalu rumit.

Melansir laman resmi Auto2000, ada beberapa alasan ketika mobil diesel keluar asap putih ketika dipanaskan.

1. Kondensasi Udara Dingin

Alasan pertama mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan adalah karena udara dingin. Jika Anda tinggal di daerah dengan suhu udara yang cukup rendah atau cuaca memang sedang dingin, mobil diesel akan mengeluarkan asap putih saat dipanaskan. Asap putih tersebut merupakan hasil kondensasi udara dingin di sekitar mobil.

Asap putih hasil kondensasi cenderung tipis dan cepat menghilang. Biasanya, asap akan menghilang tidak lebih dari lima menit.

Jika menemukan gejala seperti ini, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir. Asap putih hasil kondensasi tidak lebih dari reaksi mesin mobil Anda terhadap perubahan suhu udara dari dingin menjadi panas.

2. Kerusakan di Bagian Silinder

Keluarnya asap putih dari knalpot mobil diesel juga bisa disebabkan oleh bagian silinder. Adanya kerusakan pada bagian silinder akan memengaruhi proses pembakaran bahan bakar.

Hasilnya, posisi ring piston pun bergeser dan oli bisa bocor ke ruang bakar. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan asap putih tebal keluar saat dipanaskan.

 

2 dari 4 halaman

3. Mobil Lama Tidak Dipanaskan

Selanjutnya, mobil diesel juga bisa mengeluarkan asap putih jika sudah lama tidak digunakan atau dipanaskan. Mobil yang lama tidak dipanaskan, ketika tiba-tiba dihidupkan akan mengalami shock atau “kejutan”. Sebab, mesin mobil yang sudah lama mati cenderung lebih dingin dibanding sekitarnya.

Saat dihidupkan, mesin mobil yang sudah lama mati akan dipaksa berputar. Perubahan yang tiba-tiba ini menyebabkan mobil diesel mengeluarkan asap putih.

Tandanya, di dalam knalpot mobil masih terdapat uap air dan kompresi mesin mobil masih dalam kondisi baik. Hal ini wajar dan normal, terlebih jika asap yang keluar cenderung tipis dan cepat hilang.

4. Umur Mobil

Umur mobil pun juga bisa menjadi penyebab mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan. Jika umur mobil sudah terlalu tua (di atas tujuh tahun), kondisi mesinnya pun sudah banyak mengalami penurunan.

Sistem pembakaran bahan bakarnya pun tentu tidak bisa sebaik saat mobil pertama digunakan dahulu. Hasilnya, knalpot pun akan mengeluarkan asap putih saat dipanaskan.

5. Bagian Blok Mesin Retak

Bagian blok mesin yang mengalami keretakan akan membuat air merembes masuk ke ruang bakar. Air inilah yang kemudian membuat knalpot mobil diesel mengeluarkan asap putih tebal saat dipanaskan.

Proses pembakaran pada mobil diesel memang hanya terbatas pada bahan bakar saja. Jika ada zat lain seperti air ikut terbakar, bisa dipastikan hasil pembakarannya akan tampak berbeda.

3 dari 4 halaman

6. Oli Ikut Terbakar

Proses pembakaran pada mobil diesel hanya membakar bahan bakar dan bukan zat lain. Jika terdapat zat lain yang ikut terbakar, bisa dipastikan masalah akan muncul.

Salah satunya adalah saat oli ikut terbakar di ruang bakar. Oli yang ikut terbakar bersama bahan bakar akan menyebabkan knalpot mengeluarkan asap putih tebal.

Bagaimana oli bisa masuk ke ruang bakar? Dalam kondisi normal, oli tidak akan bisa masuk ke dalam ruang bakar. Oli akan terhenti pada ring piston sebelum bisa mencapai ruang bakar.

Jika oli bisa mencapai ruang bakar, artinya ring piston sedang bermasalah. Bisa jadi, ring piston sudah mulai aus sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Jika bagian ini mulai rusak, Anda wajib memperbaikinya segera dikarenakan komponen ini ikut menyalurkan panas, itulah fungsi ring piston.

​​​​​​​7. Pompa Bahan Bakar Aus

Terakhir, mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan juga bisa disebabkan oleh pompa bahan bakar yang sudah aus. Biasanya, hal ini terjadi pada mobil diesel yang menggunakan pompa bahan bakar model manual.

Saat membran pompa rusak, oli bisa masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama bahan bakar. Asap putih pun akan muncul sebagai hasil pembakaran.

​​​​​​​Ternyata, mobil diesel keluar asap putih saat dipanaskan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Agar mobil diesel Anda tidak mengeluarkan asap putih yang berbahaya, usahakan untuk selalu merawat sistem pembakaran.

4 dari 4 halaman

Infografis Sudah Vaksinasi Covid-19? Jangan Kendor 5M!