Sukses

Biar Mudik Aman, Kenali Indikasi Kerusakan Motor Lewat Warna Asap Knalpot

Mudik Lebaran menggunakan sepeda motor memang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Mudik Lebaran menggunakan sepeda motor memang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan. Pasalnya, kendaraan roda dua ini memang tidak didesain untuk digunakan saat perjalanan jauh, seperti menuju ke kampung halaman.

Namun, dengan berbagai alasan, masih banyak masyarakat yang memang tetap nekat menggunakan sepeda motor untuk mudik. Jika sudah begitu, yang bisa dilakukan adalah mempersiapkan kuda besi sebaik mungkin, agar tidak terjadi masalah saat di perjalanan, dan yang pastinya akan sangat merepotkan.

Salah satu indikasi untuk melihat kerusakan atau komponen sepeda motor yang bermasalah adalah warna asap knalpot.

Disitat dari laman resmi Wahan Honda, untuk untuk roda dua empat tak yang mengeluarkan asap warna putih, berarti ada masalah di oli mesin. Sedangkan warna hitam, identik dengan pembakaran bahan bakar yang tak normal.

Asap hitam biasanya karena terjadi karena setelan semburan bahan bakar yang tidak sempurna sehingga terlalu boros. Lalu, asap putih penyebabnya oli mesin tercampur dengan bahan bakar saat proses pembakaran karena oil seal klep bocor.

Untuk penanganan asap knalpot berwarna hitam, perlu dilakukan pengecekan terhadap sistem pembakaran seperti busi, saringan udara, dan injektor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Asap Putih Sepeda Motor

Sementara asap putih karena oil seal klep bocor harus dilakukan penggantian suku cadang. Jika dibiarkan oli mesin bisa habis dan membuat ring piston, seal klep, dan seher baret.

Jika keluar asap putih perlu segera cek busi motor, kalau kering biasanya knalpot kotor dengan oli dan mesin tidak bermasalah. Kalau basah kemungkinan besar penyebabnya oil seal klep bocor harus mengganti komponen tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Rekayasa Lalu Lintas di Tol Saat Arus Mudik Lebaran 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini