Sukses

Ingat, Bahu Jalan Tol Tidak untuk Mendahului dan Berhenti Sembarangan

Bahu jalan tol dimanfaatkan dalam keadaan darurat dan berfungsi untuk menjaga keamanan, kelancaran lalu lintas, serta menyediakan fasilitas layanan di jalan tol.

Liputan6.com, Jakarta - Bahu jalan tol merupakan bagian tepi di sisi kiri dan kanan yang berbatasan dengan jalan utama. Dipisahkan oleh tanda garis putus-putus, bahu jalan tol seharusnya berperan dalam urgensi darurat, bukan sebagai jalur lalu lintas utama.

Ironisnya, tak sedikit pengguna jalan tol yang belum sepenuhnya memahami fungsi dan aturan penggunaan bahu jalan tol.

Penyalahgunaan seperti memanfaatkannya untuk istirahat atau mendahului tak jarang melibatkan kecelakaan, terutama di saat arus kendaraan padat.

Secara keseluruhan, bahu jalan tol memiliki peran vital dalam menjaga keamanan, kelancaran lalu lintas, dan menyediakan fasilitas layanan di jalan tol. Benny Fajarai, Co-Founder Lifepal, menguraikan fungsi-fungsi penting dari bahu jalan tol sebagai berikut:

Akses darurat yang menyangkut keamanan

Bahu jalan tol berfungsi sebagai tempat darurat untuk berhenti atau parkir sementara saat terjadi situasi darurat yang memerlukan pemberhentian mendadak untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

Akses untuk kendaraan darurat

Bahu jalan tol berfungsi sebagai ruang tambahan yang memfasilitasi kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran, dan polisi untuk melintasi area tersebut sebagai jalur cepat demi meningkatkan respons dalam situasi darurat.

Ruang gerak tambahan kendaraan besar

Fungsi bahu jalan tol sebagai ruang tambahan juga didapatkan oleh kendaraan besar seperti truk berat dan bus yang memerlukan banyak ruang gerak dalam bermanuver.

Fungsi ini juga bertujuan menjaga lalu lintas jalur utama supaya tetap lancar dan tak mengalami kemacetan.

Penyedia layanan

Bahu jalan tol juga berperan sebagai tempat berdirinya layanan rest area, pom bensin, dan beragam fasilitas lainnya.

Ruang pemeliharaan dan perbaikan

Bahu jalan tol juga berfungsi sebagai ruang kerja terkait kegiatan pemeliharaan dan perbaikan jalan tol. Bahu jalan tol dapat memberi ruang aman bagi pekerja saat melakukan tugas-tugas perawatan dan perbaikan.

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peraturan Mengenai Penggunaan Bahu Jalan Tol

Mengenai penggunaan bahu jalan ini, pemerintah pusat juga telah mengaturnya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 2005 tentang Jalan Tol Pasal 41 ayat 2.

Seperti dikutip dalam peraturan tersebut, ketentuan penggunaan bahu jalan tol adalah sebagai berikut:

  • Digunakan oleh arus lalu lintas dalam keadaan darurat.
  • Area untuk kendaraan yang berhenti dalam kondisi darurat.
  • Tidak boleh digunakan untuk menarik, menderek, atau mendorong kendaraan.
  • Penggunaan bahu jalan tol tidak diperbolehkan untuk menaikkan atau menurunkan penumpang, barang, atau hewan.
  • Bahu jalan tol tidak boleh digunakan untuk melakukan manuver mendahului kendaraan.

Pelanggaran terhadap aturan ini dapat dijatuhi sanksi berupa denda sebesar Rp 500.000 atau ancaman pidana dengan hukuman maksimum dua bulan sesuai bunyi Pasal 287 ayat 1 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

3 dari 3 halaman

Lindungi Kendaraan dengan Asuransi

Memastikan pemanfaatan bahu jalan tol sesuai fungsinya dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan saat berkendara.

Langkah minimalisasi risiko kecelakaan dan kerugian yang tak kalah penting adalah memproteksi kendaraan dengan asuransi.

Seperti diketahui, asuransi mobil akan memberi ganti rugi atas kerugian dan atau kerusakan jika kendaraan tabrakan, terperosok, bencana alam, perbuatan jahat, hingga pencurian. 

Ada dua jenis asuransi mobil yang bisa dipilih, yaitu asuransi All Risk alias comprehensive, dan Total Loss Only (TLO).

Asuransi All Risk dapat menanggung risiko kecelakaan, pencurian atau kehilangan, huru hara, hingga bencana alam banjir dan gempa bumi, sementara asuransi TLO hanya akan memberi ganti rugi jika kondisi mobil rusak parah/tidak bisa dipakai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.