Sukses

BMW M4 CS Dibangkitkan Kembali Dengan Meminjam Wajah M4 CSL Edisi Terbatas

Wajah agresif M4 CSL 2022 yang hanya diproduksi terbatas 1.000 unit kini dijual dengan volume lebih banyak disertai penghematan harga

Liputan6.com, Jakarta - BMW mengumumkan lewat rilis melalui laman resminya pada Rabu (8/5/2024), bahwa mobil sport M4 CS telah dibangkitkan kembali dari keputusan pemberhentian produksi pada 2020 lalu.

Meski model ini akan diposisikan di bawah M4 CSL 2022 yang hanya diproduksi terbatas 1.000 unit, secara tampilan keseluruhan, hampir tak ada perbedaan berarti pada BMW M4 CS 2025. Wajah agresif CSL yang terbatas kini dijual dengan volume lebih banyak disertai penghematan harga.

Bahkan, jika dilihat dari bodinya, model ini akan membuat pengamat menyipitkan mata untuk membedakan dua model ini jika tidak melihat lencana.

Itu dapat dilihat dari bagaimana BMW membawa bagian paling khas dari CSL ke CS, yakni kidney grille tanpa bingkai yang hemat bobot. Namun, kali ini palang horizontal dalam grilnya akan ditempelkan lencana M4 CS.

Gril ini akan didampingi sepasang unit lampu depan dengan desain yang menyamai CSL, meski kini LED-nya berubah bentuk menjadi berbentuk L terbalik yang menyala kuning, merujuk referensi mobil balap GT. Sementara di buritannya akan ada lampu dioda laser LED trippy yang kembali dimunculkan.

Kesamaan dengan CSL berlanjut ke atap karbon, kap mesin, splitter depan, intake udara depan, penutup kaca spion, diffuser belakang, spoiler, dan velg M alloy ringan.

Namun, model ini tidak akan datang dengan jok karbon dan tutup bagasi serat karbon milik CSL. Menggantikannya, CS 2025 akan mendapat kursi bucket M Carbon yang justru dapat disesuaikan, tidak kaku seperti milik CSL. CS juga tidak akan kehilangan jok belakangnya.

Model ini akan keluar dari pabrik BMW Group di Dingolfing pada bulan Juli untuk memiliki banderol mulai dari USD 124.675 atau setara Rp 2 miliar, sedangkan debut globalnya di dunia nyata akan dijadwalkan pada 10 Mei mendatang.

Harga ini adalah penghematan daripada USD 139.900 atau setara Rp 2,2 miliar untuk M4 CSL 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Teknis BMW M4 CS 2025

Berbicara soal dapur pacunya, M4 CS 2025 akan mendapatkan output mesin yang sama dengan M3 CS dan M4 CSL, yang berarti ini adalah peningkatan tenaga dibanding model M4 CS generasi sebelumnya.

Di bawah kapnya ada mesin 3,0 liter M TwinPower turbocharged 6 segaris yang menghasilkan tenaga 543 tenaga kuda dan torsi 649 Nm.

Mesinnya sama dengan yang ditemukan pada M4 standar. Meski begitu, motornya mendapat lebih banyak penyetelan yang membuatnya lebih bertenaga.

Besaran performa tersebut didistribusikan ke keempat roda melalui transmisi 8 percepatan tanpa opsi manual.

Di atas aspal, itu berarti akselerasi 0–100 km/jam dalam 3,4 detik dan kecepatan puncak 302 km/jam.

Sistem pembuangan M4 CS lebih ringan 3,6 kg dibandingkan sistem konvensional berkat silencer belakang titanium. 

Strut brace miliknya juga dirancang agar ringan, meningkatkan rijiditas torsional serta handling saat menikung.

Meskipun ini adalah xDrive yang berarti berpenggerak seluruh roda, pengendalian 4x4 khas divisi M dari model ini dapat memisahkan kontrol roda penggerak depan untuk beberapa tujuan manuver.

3 dari 4 halaman

Interior BMW M4 CS 2025

Masuk ke dalam kabin, akan ada layar curved BMW yang diterapkan dalam kluster instrumen digital 12,3 inci dan layar infotainment 14,9 inci.

Seperti jajaran produk lainnya yang diperbarui untuk tahun 2025, M4 CS menjalankan BMW iDrive 8.5 dengan grafis khusus M yang turut mengurangi jumlah tombol fisik di kokpit, mengintegrasikan lebih banyak fungsi ke dalam layar sentuh.

Tombol M di roda kemudi juga dapat menyimpan pengaturan individual, termasuk pengaturan gearbox, DSC, dan apakah pengguna ingin mengaktifkan start/stop otomatis.

Jok bucket M Carbon miliknya akan dilapisi kulit Merino dalam perpaduan warna hitam-merah dengan jahitan kontras. Joknya akan mendapat penyesuaian daya penuh, pemanas kursi, dan logo M4 CS yang menyala di sandaran kepala.

4 dari 4 halaman

Infografis Mobil Kepresidenan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.