Sukses

Tekan Polusi Udara, Beberapa Negara di Eropa Mulai Batasi Kendaraan Tua

Beberapa negara di Eropa sudah mulai melakukan pembatasan kendaraan untuk memperbaiki kualitas udara.

Liputan6.com, Jakarta - Isu mengenai polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan terus menjadi kampanye di setiap negara. Beberapa negara, sudah mulai melakukan pembatasan terkait mobilisasi kendaraan yang tidak layak dari sisi emisi gas buang.

Terutama beberapa kota di Eropa, mereka sangat concern terhadap polusi udara sehingga sudah memberlakukan peraturan tersebut. Hal ini terus dilakukan mulai dari wilayah yang kecil dan dilanjutkan ke area yang lebih besar.

Melansir motorradonline, salah satu negara yang kini membatasi mobilitas kendaraan tua adalah Barcelona, Spanyol. Di negara tersebut, pemerintah sudah membatasi kendaraan hanya bisa berlalu-lalang hanya pada saat hari kerja mulai dari pukul 7 pagi sampai 8 malam.

Adapun pembatasan tersebut meliputi beberapa kendaraan seperti skuter dan moped yang dibuat pada 2002 atau lebih tua, serta untuk mobil dengan bahan bakar bensin dengan usia 20 tahun, dan mobil solar berusia 14 tahun.

Tidak hanya itu, untuk bus dan truk juga akan mulai dibatasi pada tahun ini. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperbaiki kualitas udara di kawasan dalam kota.

Dalam pembatasan yang dilakukan, pemerintah Spanyol sudah menetapkan area seluas 95 kilometer persegi di dalam lingkungan dalam kota.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belanda dan Italia Juga Mulai Membatasi Kendaraan

Selain Spanyol, negara Belanda, juga sudah mulai mengambil langkah untuk memberlakukan pembatasan kendaraan baik mesin bensin atau diesel mulai 2030. Sementara mengenai pembatasan yang dilakukan, meliputi semua kendaraan baik sepeda motor, mobil serta bus, taksi dan van.

Sedangkan di Itali, pemerintah setempat sudah melakukan pembatasan di 200 kota mereka. Ibu Kota Roma, memiliki model berjenjang yang hanya memungkinkan hanya kendaraan roda dua dengan spesifikasi Euro 2 dan Euro 3 untuk bisa masuk ke dalam kota.

3 dari 3 halaman

Infografis Kombinasi 3M Turunkan Risiko Tertular Covid-19 hingga 99,9 Persen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.