Sukses

3 Cara Jitu Agar Motor Tetap Kinclong Selama PSBB

Bagi yang masih memiliki waktu luang di rumah, melakukan perawatan untuk motor kesayangan sepertinya menjadi kegiatan yang cukup bermanfaat

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah provinsi DKI Jakarta resmi memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Bagi sebagian pekerja kantoran, harus tetap bekerja dari rumah, meskipun sudah banyak yang juga mulai bekerja dari kantor.

Bagi yang masih memiliki waktu luang di rumah, melakukan perawatan untuk motor kesayangan sepertinya menjadi kegiatan yang cukup bermanfaat. Selain itu, ketika motor sudah digunakan kembali untuk bepergian sehari-hari, roda dua kesayangan juga tetap kinclong.

Berikut, beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perawatan motor di rumah, seperti dilansir laman resmi Wahana Honda:

1) Bersihkan motor dari debu

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah membersihkan motor dari debu. Biasanya motor akan terkena debu jalanan apabila dipakai. Motor pun juga akan berdebu apabila tidak dipakai dalam kurun waktu yang lama.

Maka dari itu, pembersihan debu perlu dilakukan. Lakukan langkah pembersihan normal dengan cara mengelap motor menggunakan kain yang halus. Usahakan untuk mengelap bagian-bagian tertentu juga seperti pelek motor maupun permukaan shock breaker.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2) Gunakan cairan atau gel khusus untuk motor

Di luar sana, banyak dijual beberapa macam produk untuk perawatan motor. Anda bisa memilih produk dengan bentuk gel maupun cairan semprot. Lakukan pemberian gel atau semprotkan pada bagian yang sudah dibersihkan dari debu.

Anda tidak perlu terlalu sering melakukan ini, cukup dua atau tiga kali seminggu saja untuk bisa merawat cat asli motor. Apabila langkah ini diteruskan secara rutin, maka motor anda akan semakin terlihat kinclong tiap harinya.

3 dari 3 halaman

3) Jangan lap bagian jok

Ingat, tidak semua bagian motor anda lap. Meski membuat bagian tertentu nampak kinclong, jangan sampai anda menggunakan cairan pembersih atau pemoles pada bagian jok.

Hal ini dapat membuat jok anda semakin licin dan berbahaya bagi pengendara. Pada saat pengereman dilakukan, pengemudi akan merosot ke bawah karena licinnya permukaan jok. Maka dari itu, sepatutnya jok motor hanya perlu dibersihkan dengan air dan lap saja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.