Sukses

Lima Perlengkapan Ini Wajib Ada di Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Mobil merupakan salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan untuk menunjang aktivitas harian. Agar kendaraan selalu prima, pemilik sebaiknya selalu melakukan pengecekan sebelum berkendara, termasuk menyiapkan beberapa peralatan darurat.

Sedikitnya terdapat lima peralatan yang dapat membantu pengendara saat kendaraan mengalami masalah di jalan, seperti mogok dan ban bocor. Berikut alat-alat teknis yang wajib selalu ada dalam mobil, seperti dilansir Gardaoto:

1. Kabel Jumper

Kabel jumper merupakan alat yang wajib dibawa. Alat ini sangat berguna saat mobil secara tiba-tiba mogok karena aki sudah soak. Saat mobil mogok, Anda bisa menggunakan teknik jumper dengan cara mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai aki yang telah soak, agar terisi kembali.

2. Dongkrak, Ban Cadangan dan Kunci Roda

Ban merupakan salah satu bagian penting pada mobil. Pastikan selalu membawa ban cadangan untuk mengantisipasi terjadinya ban bocor saat berkendara.

Selain ban, alat teknis yang harus dibawa ialah dongkrak dan kunci roda. Kedua alat ini sangat berguna saat ingin mengganti ban.

3. Segitiga Pengaman

Memiliki fungsi yang sangat penting, segitiga pengaman digunakan untuk memberi tanda bagi kendaraan lain yang melintas untuk menjaga jarak. Peralatan ini biasa digunakan saat mobil dalam kondisi mogok dan mengalami kebocoran ban.

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Charger Mobil USB

Ponsel sudah menjadi bagian penting bagi masyarakat saat ini. Selain sebagai alat komunikasi, ponsel juga dapat membantu menemani perjalanan atau memandu rute perjalanan dengan menggunakan GPS. Jadi, pastikan selalu menyediakan kabel USB di dalam mobil.

5. Perlengkapan P3K

P3K merupakan perlengkapan yang wajib dibawa dalam mobil. Hal ini berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 yang menyebut P3K merupakan perlengkapan yang wajib ada dalam mobil.

Perlengkapan P3K yang dimaksud antara lain kapas, peniti, pinset, kasa gulung, kasa steril, cairan antiseptic, gunting, parasetamol, plester rolls, tissue antiseptic, sarung tangan, senter, selimut ringkas, dan kompres instan.

Perlengkapan ini akan sangat berguna jika pengemudi dan penumpang merasa sakit serta menjadi pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.