Sukses

7 Buah Terbaik Untuk Diet dan Cara Menikmatinya

Smith menyarankan Anda untuk menjadikan apel sebagai topping salad favorit Anda, atau mencelupkannya ke dalam Greek yoghurt sebagai camilan

Liputan6.com, Jakarta Saat berkaitan dengan diet, kebanyakan orang menyerah soal makanan penutup atau camilan. Tapi Anda bisa mengobati rasa lapar dengan buah sebagai camilan pengganti donat, biskuit, cokelat, dan sebagainya.

Buah dapat membuat Anda merasa kenyang karena kandungan seratnya, dan juga enak. Berikut ini pilihan buah terbaik untuk temani diet sehat Anda, dilansir dari EverydayHealth.

1. Apel

Apel rendah kalori tapi tinggi serat, menjadikannya pilihan terbaik untuk temani diet sehat Anda. "Buah (apel) yang tinggi serat membantu memperlambat pencernaan, membuat Anda kenyang dalam waktu lama. Untuk asupan yang mengenyangkan dan serat yang optimal, makan dengan kulitnya," ujar Kristen Smith, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli gizi teregistrasi untuk Piedmont Healthcare.

Cara menikmatinya: Smith menyarankan Anda untuk menjadikan apel sebagai topping salad favorit Anda, atau mencelupkannya ke dalam Greek yoghurt sebagai camilan, atau menambahkannya ke dalam oatmeal sebagai pemanis alami. Atau jika Anda tidak suka mencampurnya dengan apapun, langgung gigit saja.

2. Raspberry

Rasanya yang manis dapat memuaskan rasa lapar. Kandungan seratnya dan antioksidannya mampu melawan senyawa berbahaya seperti radikal bebas pada tubuh, menurut penelitian.

Semua jenis beri juga dikategorikan sebagai superfood karena kandungan vitamin C dan E-nya yang tinggi, yang dapat melawan penyakit kronis, menurut artikel di Frontiers in Pharmacology edisi Maret 2018.

Cara menikmatinya: sama seperti apel, bisa ditambahkan ke yogurt atau salad, juga dimakan cuma-cuma juga enak.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Jeruk

Kandungan seratnya dapat Anda nikmati jika Anda makan buah jeruk, bukan jus jeruk. Jadi untuk menikmati serat, vitamin C dan sejumlah manfaat lainnya seperti meningkatkan sistem imun dan membentuk kolagen alami serta mempermudah penyerapan zat besi, makan buahnya saja.

Cara menikmatinya: Jadikan sebagai topping dada ayam atau ikan atau nikmati buahnya langsung.

4. Mangga

Berbicara rasa manis, mangga-lah juaranya. Mangga juga membantu meningkatkan metabolisme dan menurunkan inflamasi. Menurut studi pada April 2017 di jurnal The FASEB, menemukan bahwa mangga menurunkan kadar gula darah dan membantu meregulasi gula darah, yang mana keduanya berperan dalam metabolisme. Dan tentunya mengandung serat, menjadikannya teman baik saat berdiet.

Cara menikmatinya: Iris atau potong kecil buah mangga, bisa langsung dimakan atau menambahkan bubuk cabai dan jus lemon di toppingnya. Menurut review pada International Journal of Food Science and Nutrition yang dirilis Juni 2017, kandungan pada bubuk cabai, capsaicin, dapat mengakselerasi usaha menurunkan berat badan.

 

3 dari 3 halaman

5. Alpukat

Buah alpukat merupakan buah yang paling berlemak. Ahli gizi vahkan mencatat 77% kalori alpukat berasal dari lemak (yang baik). Kandungan lemak baiknya baik untuk kesehatan jantung. Serta seratnya membuat Anda kenyang berjam-jam.

Cara menikmatinya: Potong-potong daging buahnya ke dalam blender untuk smoothie yang creamy dan minuman yang kental seperti milkshake atau bisa menambahkannya dengan makanan bernutrisi lainnya, seperti pisang, kale, yogurt dan lainnya.

6. Pisang

Pisang sering dijelek-jelekkan karena kandungan karbohidratnya yang terlalu tinggi, karena memang benar, ia mengandung gula alami yang diterjemahkan sebagai karbohidrat.

Adapun mitos yang beredar yang menyatakan pisang berkontribusi dalam menambah berat badan, sehingga orang yang melakukan diet ketomenghindari buah ini.

Namun kenyataannya, karbohidrat dari pisang adalah bentuk serat pektin dan pati resisten. Kedua hal ini sebenarnya dapat membantu mengatur gula darah, bukan malah menaikkannya.

Jenis pati ini berfungsi seperti serat dan memperlambat pencernaan, yang membuat Anda enyang lebih lama sekaligus menjaga gula darah stabil dengan mempertahankan energi.

Cara menikmatinya: Ada alasannya buah ini sering dijadikan smoothie, karena tercampur dengan baik dan menambah rasa tropis jika dicampur dengan apapun.

Untuk menambah fungsi diet, tambahkan segenggam kacang. Menurut penelitian, kacang-kacangan juga membantu ANda merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan, menjadikannya makanan lemak yang sehat dan memenuhi kebutuhan protein.

7. Nanas

Buah lain yang kaya vitamin C, serta banyak kandungan air menjadikan nanas pilihan baik untuk mengobati rasa lapar sekaligus memberi efek menurunkan berat badan.

Cara menikmatinya: Nanas cocok dengan makanan dan minuman apapun. Meskipun Anda kurang suka pizza nanas, Anda bisa menjadikannya camilan atau bermain kombinasi dengan buah ini. Sehingga Anda bisa menikmati semua nutrisi dan serat yang baik dalam membantu Anda menurunkan berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.