Sukses

Kerap Dibuang Sia-Sia, 7 Biji Buah Ini Punya Manfaat Kesehatan

Berikut daftar biji buah-buahan yang harus kamu sertakan dalam rutinitas makananmu agar memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik.

Liputan6.com, Jakarta - Buah-buahan menjadi salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi. Selain rasanya yang lezat dan manis, buah juga kaya akan berbagai nutrisi yang penting bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Karena buah berfungsi sebagai lapisan pelindung pada bijinya, mengonsumsi bijinya juga mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan.

Berikut daftar biji buah-buahan yang harus kamu sertakan dalam rutinitas makananmu agar memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (4/4/2024).

1. Biji semangka untuk kulit yang lebih baik

Empuk, manis dan menyegarkan, semangka adalah buah super segar yang meningkatkan kita pada musim panas. Namun, kita mempunyai kebiasaan membuang bijinya sebelum memakan buahnya, bukan?

Ternyata biji semangka kaya akan vitamin C dan antioksidan yang digunakan terutama untuk mengobati jerawat dan membantu memperbaiki kulit secara keseluruhan. 

Cara memakan bijinya, biji semangka bisa dipanggang, Anda juga bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dan sedikit garam sebelum dipanggang di oven. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsinya langsung dari buahnya karena mudah dicerna.

2. Biji pepaya untuk kesehatan pencernaan

Selain rasanya yang enak, pepaya merupakan buah yang bergizi dan sudah jelas diketahui manfaatnya. Seperti buah-buahan lainnya, kita akan membuang bijinya sebelum dimakan, atau kita tidak sengaja menggigit salah satunya. 

Sedikit yang kita tahu, biji pepaya kaya akan enzim yang disebut papain, yang membantu meningkatkan kemampuan pencernaan. Tidak masalah jika memakan biji pepaya. Faktanya, ini baik untuk sistem pencernaan dan kesehatanmu secara keseluruhan. 

Anda bisa mnegunyahnya bersama dengan buahnya, atau Anda bisa menyimpannya dan menggunakannya sebagai bumbu salad.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Biji alpukat untuk kesehatan jantung

Sudah jelas bahwa alpukat adalah salah satu buah paling sehat. Namun, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa biji alpukat adalah sumber yang kurang dimanfaatkan dan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Untuk memakannya, saat buah alpukat diiris, ambil bijinya dan kupas kulit cokelatnya sebelum dikeringkan. Lalu masukkan bijinya ke dalam blender hingga menjadi bubuk yang bisa dijadikan tambahan untuk smoothie atau teh.

4. Biji delima untuk menurunkan berat badan

Membuka buah delima mungkin terasa sulit, tetapi manfaat yang kita peroleh dari buahnya selalu memuaskan. Buah segar ini mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. 

Di sisi lain, bijinya mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan bisa membantumu menurunkan berat badan. Untuk menikmati manfaat biji delima, pastikan untuk menaburkannya pada makanan dietmu atau memerasnya untuk dijadikan jus.

 

3 dari 4 halaman

5. Biji jeruk untuk penambah energi

Ketika Anda memikirkan makanan sehat yang segar dan manis, jeruk menjadi hal pertama yang terlintas dalam pikiran. 

Akan tetapi, bijinya tidak pernah menjadi bagian dari makanan kaya jeruk yang ingin kita nikmati. Namun yang tidak kita ketahui adalah bahwa biji-bijinya tersebut bisa mempercepat tingkat energi dalam tubuh kita.

Biji jeruk bisa dikonsumsi sambil makan jeruk atau ditambahkan di atas makanan dan minuman untuk menambah energi.

 

4 dari 4 halaman

6. Biji markisa untuk kesehatan mental

 

Markisa merupakan buah yang terkenal dengan rasanya yang lezat dan manfaatnya bagi kesehatan. Namun siapa sangka bijinya bisa memberikan manfaat yang sama besarnya dengan buahnya bagi kesehatan kita? 

Biji markisa telah terbukti kaya akan magnesium, yang bisa membantu orang mengelola tingkat kecemasannya, menurut tinjauan sistematis.

Untuk menikmati biji markisa sebenarnya mudah, karena Anda bisa memakan semuanya dalam satu sendok. Salah satu cara lain untuk menikmatinya adalah dengan membuat jus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.