Sukses

Sempat Dikatakan Tak Realistis, Dyah Ayu Ardhana Remaja 15 Tahun Lolos Fakultas Kedokteran UI

Seorang remaja berusia 15 tahun bernama Dyah Ayu Ardhana Reswari lolos ujian masik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Liputan6.com, Jakarta Seorang remaja berusia 15 tahun bernama Dyah Ayu Ardhana Reswari lolos ujian masik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI).

Dyah Ayu merupakan siswa SMAN 1 Cileungsi, Bogor yang bercita-cita menjadi seorang dokter sejak kecil.

Dyah sendiri lolos FKUI setelah dua kali mencoba. Pertama, ia mencoba peruntungan lewat jalur masuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) namun gagal. Kemudian dia mencoba lagi melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

"Saya sering mengerjakan latihan soal, mengikuti try out dan me-review hasil ujian. Review inilah yang paling penting karena dengan melihat letak kesalahan saat latihan saya bisa mempelajari lagi materi yang kurang dimengerti," kata Dyah di Depok, Senin, (10/7/2023).

Dyah mengaku tertarik kuliah di Fakultas Kedokteran UI berawal saat pelajaran sejarah saat SD, di mana seorang guru bercerita tentang STOVIA yang merupakan cikal bakal FKUI.

Sejak saat itu, Dyah terus mencari tahu tentang FKUI. Dari situ ia melihat bahwa FKUI selalu menghasilkan lulusan berkualitas. Serta UI juga memiliki fasilitas pendukung pembelajaran dan riset yang lengkap.

"Dulu banyak yang bilang, impian saya untuk masuk FKUI terlalu idealis dan tidak realistis. Namun, berkat dukungan orang tua dan teman-teman, saya memberanikan diri untuk memilih FKUI di SNBT. Walaupun nilai try out masih kurang, saya tetap berusaha dan saya pun berhasil. Jadi tidak ada yang tidak mungkin kalau berusaha dan yakin," ucapnya seperti dikutip dari Antara.

Menjadi mahasiswa termuda, Dyah mengaku masuk SD saat berusia 4 tahun 10 bulan. Kemudian mengikuti program kelas akselerasi dan menyelesaikan studi SMP hanya 2 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini