Sukses

Pemerintah Buka Peluang Relaksasi Bertahap PPKM Berdasarkan Evaluasi Mingguan

Luhut berharap, target vaksinasi Covid-19 70 juta warga pada Agustus tercapai, sehingga pembukaan bertahap bisa dilakukan pada September 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, kebijakan PPKM Level 4 di Jawa-Bali tidak lagi mematok masa perpanjangan lebih dari sepekan.

Menurut Luhut, jika hasil evaluasi mingguan di kota/kabupaten tertentu menunjukkan sudah bisa dilakukan relaksasi pada sektor ekonomi, maka pembatasan akan dibuka secara bertahap.

"Kita berharap nanti tergantung melihat pekerjaan mingguan, mungkin secara bertahap akan ada (daerah) juga yang mulai kita buka," jelas Luhut saat jumpa pers perpanjangan PPKM Level 4 Jawa-Bali secara virtual, Senin (2/8/2021).

Luhut menilai, bulan Agustus menjadi momentum penting dalam mencapai harapan pembukaan bertahap. Kuncinya, adalah peningkatan vaksinasi Covid-19 di masing-masing daerah.

"Agustus ini penting untuk kita manfaatkan meningkatkan cakupan vaksinasi, dan presiden memerintahkan untuk melakukan langkah ini dengan sebaik-baiknya dan penerapan 3M dan 3T," tuturnya.

Menurut Luhut, bila hal tersebut mendapat hasil yang baik selama bulang Agustus, maka bukan tidak mungkin relaksasi kebijakan PPKM level 4 di Jawa-Bali akan dilakukan di bulan September.

"Ini agar September bisa mulai dilakukan pembukaan secara bertahap," kata Luhut menandasi.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Target 70 Juta Warga Divaksinasi hingga Agustus 2021

Data Kementerian Kesehatan mencatat, hingga hari ini Senin 2 Agustus 2021, jumlah warga Indonesia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama mencapai 47,6 juta jiwa. Sedangkan mereka yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap 2 dosis baru sebanyak 20 juta jiwa.

Pemerintah menargetkan pada Agustus 2021, sebanyak 70 juta rakyat Indonesia sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 pada dosis pertama.

Sebagai informasi, pernyataan Luhut disampaikan usai Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memperpanjan PPKM Level 4 di Pulau Jawa-Bali.

Jokowi meyakini, angka peningkatan kasus belum menyampai tingkat keamanan untuk dilakukan relaksasi. PPKM Level 4 Jawa-Bali diputuskan diperpanjang mulai 3 Agustus sampai dengan 9 Agustus 2021.

3 dari 3 halaman

Infografis Percepatan Vaksinasi Covid-19 Terkendala Stok dan Birokrasi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.