Sukses

Pemuda dan Diaspora Gagas Visi Indonesia 2045

Para pemuda mengharapkan demokrasi Indonesia makin berkualitas.

Liputan6.com, Jakarta - Pemuda dari 34 provinsi dan komunitas diaspora merumuskan visi Indonesia 2045. Mereka berkomitmen melanjutkan sumpah pemuda.

Di sisi lain, mereka juga optimistis Indonesia makin jaya pada 2045 mendatang. Hal itu diungkapkan Koordinator Persatuan Pemuda Indonesia (PPI) se-dunia Intan Irani.

"Kami bertekad untuk melanjutkan semangat Sumpah Pemuda 1928 dengan Visi Indonesia 2045 guna membawa bangsa kita ke zaman emas," katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/8/2018).

Intan mewakili Koordinator Indonesian Diaspora Network Global (IDGN-G) Dino Patti Djalal. Ia menjelaskan, visi tersebut dirumuskan pada 13-15 Agustus 2018 di Jakarta.

Ia mengatakan, para pemuda mengharapkan demokrasi Indonesia makin berkualitas. Caranya dengan sistem pemilu yang berintegritas.

Dengan demikian muncul pemimpin yang bersih dan berorientasi pada masyarakat.

"Perjalanan demokrasi Indonesia ke depan harus memperkokoh perlindungan dan pemenuhan hak manusia di Indonesia dan juga di kancah internasional," ia menambahkan.

Dari sisi hukum, Intan menjelaskaningin reformasi berkeadilan. Seluruh rakyat Indonesia bernilai sama di mata hukum.

"Kami juga ingin agar generasi 2045 nanti dapat menikmati supremasi hukum secara murni, konsisten, dan absolut yang diterapkan di seluruh wilayah NKRI tanpa pandang bulu, bebas politik, dan bebas kepentingan," katanya lagi.

Visi Indonesia 2045 juga menyoroti akses pendidikan hingga revolusi industri. Kemunculan era digital juga perlu diantisipasi.

Intan berharap pemerintah membenahi persoalan yang ada. Ia dan kawan-kawannya berharap besar generasi 2045 tak lagi terbebani masalah yang ada saat ini.

"Maka dari itu, kami ingin melihat politik luar negeri bebas-aktif diimplementasikan secara maksimal, agar dapat menjadikan Indonesia Major Power Asia dan pelopor global," ucapnya.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.