Sukses

Nyepi di Bali Tanpa Internet

Kemkominfo mengeluarkan surat edaran agar operator telekomunikasi menghentikan sementara akses internet di Bali selama Hari Raya Nyepi.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mendukung pemutusan sementara layanan internet di Bali selama Hari Raya Nyepi, 17 Maret 2018. Penerapan Nyepi tanpa internet itu pun dikuatkan dengan penerbitan surat edaran ke operator telekomunikasi.

"Sikap pemerintah adalah mendukung, tapi kapasitas teknisnya diserahkan ke masing-masing operator. Intinya, diserahkan pada operator bagaimana menerapkannya," sebut Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kemkominfo Ahmad M Ramli di Jakarta, 14 Maret 2018.

Nyepi tanpa internet ini diusulkan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Bali. Tujuannya, agar pelaksanaan ibadah Nyepi Saka 1940 berjalan dengan lebih khusyuk.

Ketua PHDI Provinsi Bali I Gusti Ngurah Sudiana mengatakan, usulan tersebut juga menjadi kesepakatan bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali dengan pemerintah.

Selengkapnya seputar Nyepi tanpa internet di Bali dapat dilihat dalam Infografis di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tata Cara Pelaksanaan

Para operator seluler masih rancu dengan tata cara pelaksanaan Nyepi tanpa internet. Sebab mereka juga harus memantau kualitas layanan di area strategis.

Disampaikan pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Humas Kominfo Noor Iza, informasi dari Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mengungkap kalau operator seluler dipastikan akan menuruti imbauan dari pemerintah.

"Operator akan lakukan sosialisasi dengan kirimkan SMS blast ke masyakarat di Provinsi Bali," kata Noor Iza kepada Tekno Liputan6.com via pesan singkat, 16 Maret 2018.

3 dari 3 halaman

Langkah Operator

Ketua Umum ATSI Merza Fachys mengatakan, masih belum bisa membeberkan secara detail terkait kesiapan operator menjelang pemadaman internet di Bali.

"Nanti akan kita keluarkan (pernyataan) dari ATSI," ujar Merza.

Sementara itu, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mematikan sementara layanan IndiHome baik untuk internet dan televisi di Bali selama 24 jam. Telkom mulai menonaktifkan layanan tersebut pada Sabtu, 17 Maret 2018, pukul 06.00 Wita hingga Minggu, 18 Maret 2018, pukul 06.00 Wita

Begitu juga PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) yang berkomitmen mengikuti arahan pemerintah terkait pemadaman layanan internet ini. Namun terkait teknis penerapannya masih mereka diskusikan dengan pemerintah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.