Sukses

Kapolda Metro: Demo Kondusif, Terima Kasih Teman-Teman Buruh

Liputan6.com, Jakarta - Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian berterima kasih kepada para buruh yang telah melakukan demontrasi dengan tertib dan damai. Tito senang karena situasi dari pagi, saat buruh mulai berkumpul di Patung Kuda Thamrin dan hingga sore, saat buruh bubar dari Istana Merdeka kondusif.

"Pertama, situasi semua aman, kondusif dan lancar. Tak ada satu pun sweeping di kawasan Jabodetabek. Tidak ada satu pun insiden pengrusakan. Selaku Kapolda, saya mengucapkan terima kasih pada semua pihak, terutama teman-teman buruh," ungkap Tito ketika dihubungi, Selasa (1/9/2015).

Tito mengatakan bubaran buruh juga tidak memberi dampak signifikan terhadap kemacetan lalu lintas di jalan-jalan protokol Jakarta, kecuali sekitar Monas.

Tito menambahkan pihaknya akan memberikan pengawalan terhadap buruh yang pulang ke wilayah masing-masing.

"Pusat keramaian semua aman dan normal. Berlangsung biasa, kecuali Monas. Tapi semua tertib. Kemudian mereka yang berangkatnya dikawal polisi, pulang juga akan dikawal," kata Tito.

Kepala Biro Operasi Polda Metro Jaya Kombes Martuani Sormin mengatakan, lebih dari 11.000 aparat disiagakan mengawal aksi buruh hari ini.

"Jadi untuk personel siaga sampai siang 11.603 anggota. Terdiri dari Polda Metro Jaya, Mabes Polri, Satpol PP DKI dan Kodam Jaya," kata Martuani.

Konsentrasi pengamanan, kata dia, mulai dari Patung Kuda Thamrin hingga Istana Merdeka.

"Dari Patung Kuda ke Istana kan hanya sekitar 500 meter, pengamanan di sepanjang jalan itu," sambung Martuani. (Ron/Mar)