Sukses

Kepala Basarnas: Pencarian AirAsia QZ8501 Berlanjut

Kepala Basarnas mengucapkan terima kasih kepada TNi yang telah berpartisipasi dalam operasi pencarian dan evakuasi AirAsia QZ8501.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FHB Bambang Soelistyo menyatakan, operasi pencarian dan evakuasi Pesawat AirAsia QZ8501 tetap dilanjutkan. Meski unsur TNI sudah ditarik dari lokasi operasi.

‎"Mulai pagi ini saya katakan tetap dilanjutkan dengan masa 7 hari. Nanti perkembangan sesuai hasil temuan," kata Bambang di Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (28/1/2015).

Bambang mengatakan, penarikan unsur TNI dari operasi berdasarkan hasil evaluasi. Atas partisipasi TNI, Bambang mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan operasi sesuai skenario dari Basarnas.

"Dengan penarikan TNI, tidak ada gabungan operasi pencarian. Jadi sepanjang saya belum katakan tutup, operasi tetap lanjut dan itu tetap lanjut," ucap Bambang.

Bambang menambahkan, Basarnas juga mempertimbangkan alutsista. Misalnya kapal-kapal yang diterjunkan ke area operasi ditarik untuk pembekalan ulang logistik dan bahan bakar.

Kepala Basarnas juga mempertimbangkan memberikan waktu istirahat 2 hari kepada anak buahnya setelah bekerja sejak awal mencari dan mengevakuasi AirAsia QZ8501.

"Sebagian kapal kita butuh bekal ulang logistik dan isi bahan bakar untuk pencarian selanjutnya. Saya berikan jeda 2 hari untuk pertimbangkan anak buah istirahat, mereka perlu refreshing," ujar Bambang. (Sun/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.