Sukses

Anies Baswedan Dikerubungi Wartawan di Mobil, Reaksi Mutiara Baswedan Jadi Sorotan

Mutiara Baswedan yang kerap mendampingi Anies Baswedan di dalam mobil ternyata berusaha menghindari sorotan kamera agar tak mengganggu ayahnya ketika diwawancarai.

Liputan6.com, Jakarta - Anak sulung Anies Baswedan, Mutiara Baswedan kerap mendampingi ayahnya ke berbagai acara selama kampanye Pemilu 2024. Ia pun punya cara sendiri ketika menemani ayahnya saat menghadapi wartawan. Tak jarang Anies Baswedan diwawancarai di dalam mobil pribadinya.

Lengangnya kursi di mobil Anies mungkin membuat para wartawan mengira tidak ada orang di dalam mobil. Mutiara Baswedan atau Tia yang kerap mendampingi ayahnya di dalam mobil ternyata berusaha menghindari sorotan kamera agar tak mengganggu ayahnya ketika diwawancarai.

Beberapa unggahan di Twitter sendiri, menunjukkan tangkapan layar Mutiara Baswedan yang bersembunyi di balik kursi mobil. Sambil meringkuk, gaya perempuan 26 tahun ini mirip seperti anak hilang. Salah satunya dibagikan oleh akun @gitaputrid.

Dalam unggahan itu Tia terlihat sedang duduk menghindari kamera wartawan. Sambil duduk tersenyum, Momen itu menunjukkan bahwa Tia menghormati ayahnya ketika dikerubungi wartawan untuk menjawab pertanyaan.

Bahkan akun Twitter itu sendiri menyoroti kedekatan Tia dan Anies Baswedan sebagai anak dan ayah. Pemilik akun bahkan berharap pengalaman Tia yang mendampingi Anies selama kontestasi politik bisa terus terjalin baik.

Unggahan itu sukses menarik perhatian dan mengundang banyak komentar warganet. Cuitan pada 10 Februari 2024 itu sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 7,6 juta kali dan disukai lebih dari 46 ribu kali.

'"Jujur ya seneng banget liat kak Tia dan Abah,” komentar seorang warganet.

"Pemimpin yg baik itu, dimulai dr memimpin rumah tangga dgn baik," kata warganet yang lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak yang Dekat dengan Ayahnya

"Sebagai anak yang ga deket sama bokap gue mewek bgt liatnyaaa Fix suami gue nanti harus bisa kek begini ke anak anak," curhat warganet yang lain.\

"Waktu di desak anies Surabaya, tib2 ternenyuh dan tersentuh bgt sm tatapannya mbak mutiara ke Abah. Tatapan, bangga, dan tulus sekali... Mgkn bnr, cinta pertama anak perempuan ya ayahnya ,” ujar warganet lainnya.

"Gue kecanduan sama senyumnya mba Mutiara baswedan," timpal warganet lainnya.

Anies Baswedan sendiri dikabarkan masih mengikuti hasil penghitungan suara Pilpres 2024. Sejauh ini memang paslon nomor urut 1 menduduki urutan kedua dalam perolehan suara dari hasil quick count sementara.

Saat mendampingi ayahnya berkampanye, Tia pernah kedapatan bertemu dengan seorang pembatik yang merupakan seorang teman Tuli di Solo, Jawa Tengah.

Momen itu dibagikan pemilik akun X, dulunya Twitter, @Mdy_Asmar, 27 Januari 2024, dengan keterangan, "Momen Mutiara Baswedan berbincang dengan pembatik tuna rungu di Solo." Di rekaman berdurasi semenit itu, perempuan yang akrab disapa Tia ini tampak menyimak penjelasan si perajin batik yang juga memaparkan menggunakan gerakan tangan.

3 dari 4 halaman

Mutiara Baswedan Bertemu Teman Tuli

Tidak sampai di situ, karena ia juga mendemonstrasikan penggunaan canting di atas kain batik yang tampaknya masih dikerjakan. Di kolom komentar, tidak sedikit orang yang memuji gestur Mutiara, menilainya "semangat menyimak penjelasan."

"Sambil senyum terus. Hawanya udah kayak Miss Universe lagi kunjungan," kata salah satu pengguna X. Ada juga yang mengingatkan untuk tidak pakai kata tunarungu.

"Instead of tunarungu, please use Tuli. Aku dukung anies, ini penting untuk awareness agar indonesia makin inklusif," komentar seorang warganet.

Mutiara sendiri tidak hanya berbagi konten serius. Sebelumnya, ia berkomunikasi dengan publik melalui cara terbilang sederhana, bahkan receh. Ini terjadi saat Mutiara berbagi foto ibunya, Fery Farhati Ganis, berpose bersama filter wajah Anies.

Di akun TikTok-nya, Mutiara Baswedan, menulis, "Cie cie," sebagai keterangan unggahan. Di filter online photobooth tersebut, Anies Baswedan kedapatan mengenakan kaus putih di bawah kemeja denim yang tidak dikancing.

4 dari 4 halaman

Profil Mutiara Baswedan

Menyerasikan penampilan dengan sang suami, Fery terlihat memakai tunik berwarna biru senada, dilengkapi hijab segi empat abu muda yang serasi dengan kain tenun yang disampirkan di bahu kanannya. Posenya pun beragam, mulai dari membentuk simbol hati memakai tangan, seolah memegang bahu sang suami, sampai seakan ingin mengecup pipinya.

Sederet gaya kiyowo ibu berusia 52 tahun ini pun didukung lagu Making a Lover oleh SS501. Saat ditelisik lebih lanjut, filter berjudul "photobooth park aniseu" ini merupakan buatan akun TikTok @raisa61699.

Mutiara Annisa Baswedan merupakan anak sulung dari empat bersaudara dari pasangan Anies Baswedan dan Fery Farhati. Wanita kelahiran 3 Juni 1997 ini adalah alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Mutiara pernah mengikuti ajang pertukaran pelajar di Denmark pada 2014 melalui AFS dan Bina Antarbudaya.

Selain itu, lulusan SMA Labschool Kebayoran ini juga pernah mewakili kampusnya di ajang National Model United Nations 2018. Pada 2019, Tia juga berhasil lolos Program Youth Ambassador Amerika Serikat serta menjadi salah satu finalis Duta Muda ASEAN Indonesia. Beberapa bulan yang lalu, Tia telah melangsungkan pernikahan dengan Ali Saleh Alhuraiby. Keduanya menikah di Jakarta pada 29 Juli 2022 lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.