Sukses

Tips Padu Padan Kebaya Anak Biar Modis

Kini kebaya dimodifikasi seiring perkembangan zaman namun nggak mengubah ciri khas busana itu sendiri. Kebaya bahkan nggak cuma hadir untuk perempuan dewasa, tapi juga untuk anak-anak.

Liputan6.com, Jakarta Ketika membahas kebaya, ini adalah salah satu busana terpopuler di Tanah Air. Ya, kebaya bukan sekadar pakaian biasa karena menyimpan makna khusus dan memiliki nilai-nilai kehidupan. 

Kebaya memiliki model yang sederhana yang merupakan wujud kesederhanaan masyarakat Indonesia. Penggunaan kain yang melilit tubuh juga otomatis membuat pergerakan wanita yang mengenakannya menjadi terbatas dan sulit untuk bergerak cepat. 

Dari situlah terlihat bahwa kebaya memiliki nilai kepatuhan, kehalusan yang mencerminkan bahwa setiap wanita memiliki kelembutan. Jika zaman dulu kebaya digunakan untuk pakaian sehari-hari lebih sederhana, memakai kemben, stagen, dan kain panjang. 

Namun seiring perkembangan zaman, kebaya sudah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Kebaya kini digunakan untuk sejumlah acara formal, seperti lamaran, pernikahan, wisuda, dan kebaya juga digunakan untuk memeringati Hari Kartini. 

Namun kini, kebaya dimodifikasi seiring perkembangan zaman namun nggak mengubah ciri khas busana itu sendiri. Kebaya bahkan nggak cuma hadir untuk perempuan dewasa, tapi juga untuk anak-anak. 

Jika si Kecil sudah dikenalkan dengan pakaian tradisional sejak dini, tentunya akan membantu anak lebih mencintai budaya lokal. Nah, biar tetap modis ketika menggunakan kebaya, yuk cek rekomendasi padu padan busana untuk anak-anak berikut ini: 

Kebaya di masa kini

Pada masa kini, setiap wanita yang mengenakan kebaya, akan berubah menjadi wanita yang anggun dan memiliki kepribadian. Busana kebaya yang mengikuti bentuk tubuh akan membuat wanita tersebut secara otomatis menyesuaikan dan menjaga diri untuk bersikap lebih kalem.

Hampir semua kini wanita Indonesia memakai kebaya, tidak digunakan lagi dalam sehari-hari tetapi lebih pada perayaan acara tertentu. Model dan bahannya juga sudah semakin bervariasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Kebaya Encim

Nama lain kebaya encim adalah kebaya kerancang. Ini merupakan busana adat khas Betawi yang umumnya digunakan ibu kedua calon pengantin saat momen pernikahan. 

Namun kini, kebaya encim juga hadir untuk anak-anak. Nggak sedikit anak-anak yang duduk di bangku TK dan SD menggunakan kebaya encim anak, untuk merayakan momen Hari Kartini. 

Agar kesan tradisional dari kebaya encim nggak hilang, coba padu padankan rok batik atau sarung Betawi bermotif, untuk digunakan si Kecil saat menghadiri acara resmi atau formal. 

Kebaya Anak Modern

Kebaya modern merupakan kebaya yang mendapatkan modifikasi sentuhan modern. Sama seperti kebaya modern untuk perempuan dewasa, salah satu ciri kebaya anak modern yang mendapatkan sentuhan modern terlihat pada penggunaan bahan dan modelnya. 

Misalnya bahan lace, brokat, atau satin, aksen ruffle, model duyung, lengan lonceng, model wrap lengan pendek, dan masih banyak lagi. Untuk memilih kebaya anak dan memadupadankannya, pilihlah warna yang disukainya. Kamu bisa memadukannya dengan kain batik akan menambah keindahan baju kebaya yang digunakan. 

Bawahannya, kamu bisa menggunakan rok katun, celana bahan katun atau jeans, dan memadukannya dengan sneakers. Dijamin, si Kecil tampak modis! Oh ya, untuk model rambutnya, jika si Kecil memiliki rambut yang panjang, pilihlah model rambut sanggul dengan bentuk low bun. Berikan hiasan bunga agar terlihat lebih menawan. 

Kebaya Kutu Baru Anak

Kutu baru merupakan salah satu kebaya yang umumnya dibuat dengan bahan katun. Yup, bahan katun pastinya menyerap keringat dan pastinya nyaman digunakan untuk si Kecil. 

Kebaya kutu baru anak juga hadir dengan berbagai motif yang unik dan pilihan warna yang beragam. Padupadan kebaya kutu baru anak dapat dipasangkan dengan rok batik ikat dan sneakers tanpa motif. 

Agar terlihat tetap modis, andalkan celana slimfit biar sebagai OOTD si Kecil tetap nyaman digunakan seharian. Oh ya, tambahkan pita atau bando dan sepatu yang cocok dengan kebaya yang digunakan. 

Nah, tentunya banyak banget kebaya anak yang dijual di pasaran terutama e-commerce. Untuk mendapatkan kebaya anak yang lucu dan unik, kamu nggak perlu pergi keluar rumah karena bisa langsung dicari di Tokopedia!

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.