Sukses

3 Resep Praktis Chia Seed yang Sehat Jadi Minuman hingga Camilan

Liputan6.com, Jakarta - Chia seed yang diklam sebagai salah satu super food, kerap jadi andalan menu sarapan sehat. Biji-bijian kecil dari tanaman Salvia hispanica yang merupakan salah satu jenis tanaman mint ini memiliki banyak kandungan gizi dan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Chia seed juga dikenal sebgaai bahan makanan yang kaya akan kandungan antioksidan. Di mana antioksidan dipercaya bisa melawan produksi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan stres oksidatif.

Kandungan nutrisi di dalamnya mulai dari air, protein, lemak, serat, kalsium, hingga zat besi sangat berguna untuk asupan harian. Kabar baiknya jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, mengonsumsi chia seed merupakan salah satu pilihan yang tepat

Rasanya pun enak ketika ditambahkan dengan susu, namun Anda bisa mencoba beberapa resep chia seed yang lain dari biasanya. Apalagi chia seed bukan hanya untuk menu sarapan tapi juga bisa jadi campuran minuman segar di akhir pekan.

Seperti 3 resep praktis kali ini. Langsung saja, berikut resepnya yang dirangkum dari situs berbagi masakan Cookpad.

Es Pepaya Chia Seed

Bahan-bahan:

- 200 gram pepaya, potong-potong.

- 2 sdm chiaseed

- 100 ml susu UHT

- 1 sdm madu

Langkah pembuatan:

1. Rendam chia seed dengan susu UHT taruh di kulkas semalaman atau hingga chia seed mengembang, kemudian tambahkan madu, aduk rata.

2. Siapkan semua bahan. Taruh potongan pepaya dalam gelas, beri campuran chia seed.

3. Siap di nikmati, beri es batu bila perlu.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Es Kelapa Muda Chia Seed

Selanjutnya, chia seed juga segar dan nikmat saat dipaduan dengan kelapa dan madu. Masih dalam kategori minuman sehat yang bisa dinikmati bersama keluarga sebagai minuman pelepas dahaga di siang hari.

Air kelapa yang baik untuk pencernaan dan mencegah dehidrasi sangat cocok dipadukan chea seeds. Untuk menambahkan rasa manis alami, sedikit madu juga akan memperkaya rasanya. Berikut resepnya yang diambil dari Cookpad.

Es Kelapa Madu Chia seed

Bahan-bahan:

- 1 porsi kelama muda+airnya

- 2-3 sdm madu

- 1 sdt Chia seed (optional)

- secukupnya es batu

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan gelas saji beri madu dan juga es batu 

2. Tambahkan kepala muda+airnya dan juga chia seed.

3. Siap disajikan, jangan lupa diaduk dulu sebelum diminum.

3 dari 3 halaman

Omelet Chia Seed

Bahan-bahan

- 4 butir telur

- 2 siung bawang putih

- 1 buah bawang bombay ukuran kecil

- 1 buah cabe merah

- 2 buah cabe ijo

- 1 ikat bayam

- 1/4 bagian kubis

- 1 bungkus jamur enoki

- 1 buah wortel ukuran besar

- 1 buah kentang

- 2 sdm chia seed

- 1,5 sdt garam

- 1,5 sdt kaldu bubuk

- 1/2 sdt lada bubuk

- 1,5 sdm tepung terigu

Langkah Pembuatan:

1. Siapkan bahan. Cuci bersih sayuran.

2. Rajang kasar bayam, kubis dan jamur enoki. Potong korek wortel, potong tipis tipis kentang. Tumis sebentar, hingga layu saja wortel dan kentang. Begitupun juga dengan bayam, kol dan jamur enoki. Masukkan ke wadah.

3. Cincang kasar bawang putih, potong memanjang bawabg bombay dan iris serong cabe cabeannya.

4. Tumis hingga harum bawang putih dan cabe cabeannya lalu masukkan bawang bombay. Tumis sebentar saja agar masih ada tekstur crunchy dari si bawang bombay.

5. Masukkan tumisan bawang tadi ke wadah yang berisi tumisan sayuran. Masukkan telur. Beri garam, kaldu bubuk, lada bubuk, tepung terigu. Aduk hingga rata lalu masukkan chia seed. Aduk lagi hingga tercampur rata. 

6. Panaskan teflon lalu masukkan adonan. Tutup teflon dan masak gunakan api kecil. Cek bagian bawah adonan, jika sudah kecoklatan, balik. Caranya ambil piring. Pegang piring dengan tangan kiri, balik omelet yang ada di teflon ke piring dan lakukan dengan cepat. Bagian atas omelet tadi yang belum matang. Masukkan kembali ke teflon. Masak api kecil hingga matang.

7. Angkat, sajikan ketika masih hangat bersama saus favorit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.