Sukses

4 Langkah Belanja Produk Kecantikan yang Lebih Ramah Lingkungan dari Sociolla

Sociolla ingin membantu masyarakat menemukan produk kecantikan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja produk kecantikan seperti skincare dan makeup kini menjadi hal yang mudah untuk dilakukan. Salah satunya dengan berbelanja secara online.

Di masa pandemi ini bahkan makin banyak orang yang membeli produk kecantikan secara online. Meski begitu, ada berbagai macam sampah yang dihasilkan dari industri kecantikan. Hal tersebut tentu berdampak pada kelestarian lingkungan. 

Salah satu platform kecantikan di Indonesia, Sociolla melihat ini sebagai peluang sekaligus potensi besar untuk merangkul pecinta kecantikan agar lebih memperhatikan lingkungan melalui kampanye 'Waste Down Beauty Up'. Berkolaborasi bersama sejumlah pemerhati lingkungan dan perusahaan pengelolaan sampah Waste4change, gerakan ini menjadi komitmen Sociolla dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Mereka mengajak 42 juta penggunanya menerapkan kebiasaan positif dengan produk-produk kecantikan.  "Program ini sejalan dengan misi jangka panjang Sociolla dan alasan utama di balik didirikannya Sociolla," ujar Co-Founder & CMO Social Bella Chrisanti Indiana dalam diskusi bersama media di sebuah mal di kawasan Jakarta Barat, Kamis, 13 Januari 2022.

"Kami ingin membantu masyarakat menemukan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan mereka, tanpa harus membeli secara berlebihan dan berakhir dengan banyak produk kecantikan yang tak terpakai," sambungnya.

Ia mengaku bahwa langkah itu tak mudah dilakukan. Namun lewat gerakan tersebut, ia ingin membantu para pelanggan setianya tidak hanya merawat diri dengan sebaik-baiknya, tapi juga sembari berkontribusi pada dunia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Review dan Tester

"Cantik itu tidak harus wasteful. Kami sangat senang melihat semakin banyak pecinta kecantikan yang peduli dengan prinsip sustainable dan bersama-sama kita dapat membawa lebih banyak orang ke dalam gerakan positif ini," tutur Chrisanti.

Gerakan 'Waste Down Beauty Up' mencakup empat inisiatif utama yang mendorong perilaku pembelian produk kecantikan yang bijak, yaitu:

1. Membaca ulasan lebih dulu

Sebelum membeli sebuah produk, ada baiknya mencari informasi seputar produk itu. Anda bisa menciptakan mindful shopping atau kesadaran dalam berbelanja produk kecantikan dengan mencari informasi review dan rating dari pelanggan lain melalui aplikasi SOCO dari Sociolla sebelum membeli. Dengan cara ini, pembeli didorong untuk memilih secara bijak sebelum mengambil keputusan.

2. Mencoba tester sebelum membeli

Banyak pelanggan langsung terdorong membeli secara impulsif yang berlandaskan pada FOMO atau takut kehilangan momen, misalnya ketika melihat influencer favorit tampil memesona dengan tren make up terbaru. Ada baiknya mencoba tester produk yang ingin dibeli untuk menilai apakah produk tersebut memang cocok bagi Anda.

Dengan mencoba tester sebelum membeli produk, pelanggan bisa membuat keputusan lebih bijak berdasarkan bagaimana produk tersebut terlihat atau terasa di wajah/kulit mereka sendiri.

3 dari 4 halaman

3. Beli versi mini/kecil sebelum ukuran penuh

Beberapa produk kecantikan di Sociolla terdiri dalam versi kecil atau mini. Hal inii jadi sebuah upaya mendorong para beauty enthusiast untuk mencoba produk kecantikan berukuran kecil/mini untuk menguji kesesuaian produk dengan kulit terlebih dahulu sebelum membeli produk normal/berukuran penuh.

"Kalau kita beli produk dalam ukuran besar dan ternyata tidak cocok sama kita, kan jadi nggak terpakai. Karena itu kita biasanya menyediakan versi mini dari beberapa produk supaya kalau tidak cocok jadi tidak terlalu rugi atau boros," terang Chrisanti.

4. Memberi Voucher Dibandingkan Produk Langsung

Sociolla kini menghadirkan pilihan hadiah elektronik (e-gift) untuk para beauty enthusiast yang mengajak mereka agar tidak memberikan barang-barang yang tidak mereka gunakan kepada orang yang mereka cintai, baik untuk keluarga, teman, klien atau pasangan. Daripada memilih sendiri produk untuk diberikan sebagai hadiah dan ternyata tidak cocok, Anda disarankan memberikan dalam bentuk voucher.

Dengan begitu, mereka bisa memilih sendiri produk-produk apa saja yang mereka butuhkan atau ingin dibeku. Anda  juga bisa membeli e-gift ini melalui Sociolla, sehingga teman atau anggota keluarga Anda bisa memilih produk mana yang sesuai kebutuhannya.

4 dari 4 halaman

7 Tips Aman Belanja di Pasar Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.