Sukses

Jangan Dibuang, Simak 2 Cara Mengolah Sampah Masker Medis di Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Masker telah jadi salah satu barang esensial selama pandemi, dan pemakaiannya wajib selama berada di luar rumah. Bersamanya, muncul masalah sampah yang harus Anda pahami pengolahannya dengan benar.

Baru-baru ini beredar foto di media sosial tentang dua cara mengolah sampah masker medis. Keterangan itu telah dibenarkan perwakilan Yayasan Upakara Persada Nusantara, Nuri Harmastuti, melalui pesan pada Liputan6.com, Rabu, 30 Juni 2021.

Ia menyambung bahwa metode yang dijelaskan juga merujuk video imbauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Cara pertama, yakni merendam masker bekas pakai di dalam larutan sabun.

Siapkan larutan air yang dicampur dengan sabun. Kemudian tempatkan ke dalam ember dengan penutup. Lepaskan masker, dan masukkan ke dalam ember, tutup. Lakukan seterusnya sampai ember terisi penuh atau dirasa cukup.

Cuci masker dan jemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, gunting masker dan masukkan ke dalam kantong tertutup. Selain itu, pengolahan masker medis bekas juga bisa disemprot dengan alkohol.

Caranya, lepas masker, dan semprotkan permukaannya dengan alkohol. Gunting masker medis dan taruh ke dalam kantong dengan penutup. Ulangi tahap ini sampai kantong penuh atau dirasa cukup.

2 dari 5 halaman

Kirimkan Masker Medis Bekas Anda

Nuri melanjutkan, masker medis bekas yang telah diolah dan dimasukkan ke dalam kantong tertutup bisa dikirim ke Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bandung, Jawa Barat. Tapi, sebelumnya ada prosedur yang mesti dipenuhi.

Pertama, harus mengisi form di tautan bit.ly/35UXXFQ. "Hanya partisipan yang sudah mendapat nomor registrasi yang bisa mengirim (sampah masker medis)," ungkapnya. "Demi ketertiban, akan diberikan giliran pengiriman."

Ia menambahkan, nomor registrasi akan diberikan setelah mengisi form. "Yang perlu diluruskan, pada prinsipnya program ini masih bersifat terbatas, guna mendukung penelitian LIPI mengenai masker yang beredar di masyarakat," tuturnya.

3 dari 5 halaman

Imbauan Pakai Dobel Masker

Dengan merebaknya mutasi virus corona baru, selain diimbau untuk beraktivitas dari rumah dan keluar hanya saat punya kepentingan mendesak, publik telah diminta menggunakan masker dobel, yakni masker medis dirangkap masker kain. Melansir kanal Health Liputan6.com, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) telah mengeluarkan pedoman terbaru cara pakai masker yang benar.

Jika memakai masker dobel membuat pemakainya tidak nyaman, CDC menyarankan agar mengenakan masker bedah dengan merapatkan tali masker di bagian pipi. Caranya, lipat masker bedah jadi dua bagian, sehingga bagian atas dan bawah bertemu. Kemudian, ikat tali pengait masker membentuk simpul dan lipat sudut-sudut masker ke bagian dalam.

Jangan lupa menekan kawat supaya mengikuti bentuk hidung sehingga tidak ada celah antara masker dengan wajah. Di samping, pihaknya menulis bahwa pengguna masker N95 tidak perlu double masking karena material masker tersebut sudah menyaring 95 persen partikel.

4 dari 5 halaman

Infografis Cara Pakai Masker Dobel yang Benar

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: