Sukses

Musim Hujan Datang, Perhatikan Bagian Rumah Ini Agar Tidak Mengalami Kebocoran

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan sudah tiba. Selain perlu menjaga kesehatan, menjaga atap rumah agar tidak bocor menjadi hal yang penting ketika musim ini datang.

Penyebab kebocoran atap pun beragam. Mulai dari atap yang melebar, pemasangan genting yang kurang baik, permasalahan talang air, celah di bubungan atap, atau sampah di atap.

Ada baiknya, saat ini kamu perlu mencermati bagian rumah yang bisa menimbulkan kebocoran. Dilansir liputan6.com, berikut beberapa bagian rumah yang perlu kamu cermati saat musim hujan tiba.

Atap rumah

Ingat, kemiringan atap tidak boleh terlalu landai, bisa dibilang batasnya 25 derajat- 40 derajat. Kemiringan atap yang sesuai akan mampu menangkal air hujan yang tertiup angin kencang, sehingga meminimalisasi bocor dan dinding rembes.

Namun, kemiringan lebih dari 40 derajat berpotensi membuat genting merosot. Jika desain atap rumah mengharuskan dibuat curam lebih dari 40 derajat, genting harus dipaku, atau gunakan jenis atap sirap yang tidak mudah jatuh.

Rangka Atap

Pastikan rangka atap dalam kondisi baik. Anda perlu lakukan pengecekan rutin pada bagian plafon. Jika ditemukan kayu yang sudah mulai lapuk sebaiknya segera ganti dengan kayu baru.

Kayu yang lapuk bisa menyebabkan genting jatuh dan bocor. Jangan sampai, rusaknya rangka atap dapat membahayakan keselamatan Anda serta keluarga, apalagi saat musim hujan.

Talang Atap

Pilih ukuran dan bentuk talang yang sesuai dengan debit dan jumlah air. Minimalisasi adanya sambungan pada talang yang bisa meningkatkan potensi kerusakan dan kebocoran. Bersihkan talang secara rutin agar tidak ada sampah menumpuk yang dapat menghambat saluran air.

Pelapis anti bocor

Kalau pun Anda belum memperhatikan hal-hal di atas dan rumah mengalami kebocoran, pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memperbaikinya dengan melapisi cat pelapis anti bocor.

Perlu diingat, memillih cat pelapis anti bocor ialah kualitasnya. Jangan sampai, Anda memilih sembarang merek. Alhasil, malah kerugian dan atap tetap bocor.

Pilihlah cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air, serta tahan terhadap segala bentuk cuaca baik panas maupun hujan, sehingga cocok digunakan pada permukaan tembok, beton, dan asbes.

Selain itu, pilih juga cat pelapis tembok yang cocok digunakan pada berbagai ruangan di rumah mulai dari tembok kamar mandi, dinding samping rumah, atap rumah, maupun area lain yang sering terpapar air hujan.

Yuk, lapisi tembok kesayangmu dan pelapis cat anti bocor!

 

(*)