Sukses

Yuk Optimalkan Peran Bunda untuk Si Buah Hati di Festival Online Parenting Pertama di Indonesia

Nah semua tantangan para Bunda dan Si Buah Hati akan terjawab di ParentFest yang dipersembahkan oleh Nestlé DANCOW.

Liputan6.com, Jakarta Selama lebih dari dua bulan berdiam diri rumah saja, peran Bunda tentu menjadi tantangan tersendiri. Bunda harus pintar-pintar berbagi waktu, mulai dari memasak, membersihkan rumah, menyelesaikan pekerjaan kantor, hingga mengurus serta menjaga Buah Hati. 

Nyatanya semua hal tersebut tidak mudah dilakukan. Survei daring Nestlé DANCOW menyebutkan bahwa hampir 75% para Bunda merasa memiliki tantangan dalam beradaptasi dan menyesuaikan rutinitas sehari-hari yang mencakup tiga faktor utama, yaitu emosional, aspek sosial, dan kesehatan.

Itu artinya selama 'berdiam diri' di rumah, para Bunda lebih tertantang lagi untuk multitasking. Karena perannya menjadi lebih kompleks, tak hanya mengurus rumah tangga dan menyelesaikan tugas tanggung jawab pekerjaan, tapi juga mengurus Si Buah Hati yang juga berkumpul di rumah. 

Oleh karena itu, cara Bunda dan Si Buah Hati beradaptasi dengan lingkungan yang terbatas selama di rumah pun, harus diselingi dengan aktivitas menyenangkan. Psikolog Anak dan Keluarga, Ratih Ibrahim mengatakan bahwa sangat bisa dipahami bahwa situasi menantang saat ini berdampak kepada Si Buah Hati. Di momen inilah, Si Buah Hati akan belajar untuk beradaptasi tentang cara merespon situasi terutama dari orang tuanya. Si Buah Hati akan belajar dari mengamati dan meniru perilaku di sekitarnya. 

“Untuk itu, Bunda dan Ayah perlu selalu memberikan cinta pada Si Buah Hati dengan sabar, dan telaten memberikan pengertian kepadanya. Bantu Si Buah Hati untuk mengelola emosinya, membangun rutinitas, dan sambil terus menstimulasi tumbuh kembangnya melalui berbagai kegiatan yang sederhana dan menyenangkan. Stimulasi yang penuh interaksi dengan orangtua sangat baik untuk proses belajar anak, serta dapat memperkuat bonding, ikatan emosional antara Ayah, Bunda dan si Buah Hati," jelas Ratih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apa sih DANCOW ParentFest?

Menjadi tantangan bagi para Bunda dan Si Buah Hati ketika menghadapi keterbatasan bersosialisasi secara normal di masa seperti sekarang ini. Agar Buah Hati tak lekas merasa bosan meski di rumah saja, para ibu pun dituntut lebih kreatif, bukan hanya sebatas memberikan edutainment tapi juga dalam hal menyajikan makanan bergizi, dengan nutrisi seimbang guna mendukung imunitasnya. 

Nah semua tantangan itu akan terjawab dengan hadirnya ParentFest persembahan dari Nestlé DANCOW. Business Executive Officer Dairy Nestlé Indonesia, Windy Cahyaning Wulan menjelaskan bahwa ParentFest merupakan program online (live streaming) spesial bagi para Bunda dan Si Buah Hati. 

"ParentFest yang dipersembahkan oleh Nestlé DANCOW ini menjadi festival online parenting pertama di Indonesia yang menjadi wadah bagi Bunda dan Si Buah Hati untuk mendapatkan berbagai informasi dari segi nutrisi, stimulasi serta lingkungan yang mendukung tumbuh kembang secara optimal, walaupun di rumah," jelas Windy. 

3 dari 3 halaman

Catat Jadwalnya!

Nestlé DANCOW mencoba memahami kebutuhan untuk mengatasi tantangan para Bunda yang bekerja di rumah dan belajar dari rumah. Oleh karena itu, melalui ParentFest, Nestlé DANCOW memberikan sejumlah informasi dari para ahli, untuk mengatasi perubahan baru terkait pola pengasuhan bagi Si Buah Hati. 

Pada Jumat 15 Mei 2020, ParenFest siap menghadirkan enam sesi program yang penuh informasi dan kaya hiburan. Nantinya seluruh sesi program Nestlé DANCOW ParentFest akan menampilkan berbagai sharing inspiratif, aktivitas menyenangkan dengan 5 narasumber para ahli dalam bidang nutrisi, psikologi, dan edukasi, 5 Bunda inspiratif, dan artis cilik.

Adapun program dan pengisi acara yang dihadirkan adalah sebagai berikut: 

  1. Program DANCOW Nutritods Lindungi Eksplorasi Si Buah Hati Selama #DiRumahAja menghadirkan Nutritods Council Expert Saptawati Bardosono dan Bunda Inspiratif, Ryana Dea.
  2. Program DANCOW FortiGro Puasa Kuat, Nutrisi Lengkap! Cara Jitu Agar Si Buah Hati Siap dimeriahkan oleh Dokter Spesialis Gizi Klinik, Diana F. Suganda dan Bunda Inspiratif, Shanty Denny.
  3. Program DANCOW Nutritods Tetap Seru di Rumah dengan 1001 Ide #EksplorasiJalanTerus diramaikan oleh Psikolog Klinis Ratih Ibrahim, dan Bunda Inspiratif, Meisya Siregar.
  4. Program DANCOW FortiGro No-Stress Parenting: Bunda Tenang, Buah Hati Senang! menghadirkan Pemerhati Pendidikan Anak, Shahnaz Haque-Ramadhan dan Bunda Inspiratif, Donna Agnesia.
  5. Program bertajuk 24 Jam #Dirumahaja: Bonding Time Seru dengan Si Buah Hati diramaikan Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, dan Bunda Inspiratif, Intan Nuraini.
  6. Program hiburan bertajuk Bernyanyi bersama Naura yang dimeriahkan oleh Penyanyi cilik, Naura Ayu.

Dengan Bunda mengikuti ParentFest, Nestlé DANCOW berharap agar acara ini tak hanya menghibur. Tapi juga memotivasi dan memberikan semangat untuk tetap menjaga kesehatan, dan terus berjuang memberikan stimulasi, selama menjalani proses adaptasi dengan Buah Hati di periode ini. 

Sekarang catat ya! ParentFest dapat disaksikan melalui online live streaming dari rumah masing-masing di Instagram @dancow, Facebook DANCOW Parenting Center, Facebook DANCOW FortiGro, Youtube DANCOW ID, Youtube DANCOW FortiGro, dan juga melalui aplikasi atau website Vidio.com secara gratis pada hari jumat 15 Mei 2020 mulai pukul 10.30-16.30 WIB.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini