Sukses

4 Alasan Hubungan Cinta Anda Tak Romantis, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menjalin hubungan cinta memang bukan perkara mudah. Selain bicara soal perasaan yang kuat dari kedua pihak, ekspektasi Anda pada pasangan dan hubungan terkadang tak sampai hingga menimbulkan kesedihan, juga kekecewaan.

Salah satunya adalah soal hubungan romantis yang ternyata tak Anda dapatkan dari pasangan. Ketimpangan akan realita ini dapat menyebabkan munculnya rasa nostalgia untuk mengenang masa-masa awal menjalin hubungan.

Kiranya, apa yang membuat hubungan cinta Anda tak berjalan romantis? Simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari Yourtango, Selasa, 12 Mei 2020, di bawah ini.

1. Anda dan pasangan mandek

Jika merasa mandek dan tidak lagi semangat, Anda mungkin tak membuat ikatan di antara kalian jadi kian hangat. Saat mandek, berhenti mencari siapa yang harus disalahkan. 

Lalu, cobalah untuk lebih jelas tentang mengapa Anda merasa mandek dan kebiasaan apa yang Anda dan pasangan lakukan hingga perasaan ini muncul.

Sebagai contoh, bisa jadi Anda berdua telah terjebak dalam rutinitas yang sangat sibuk dan menyisakan sedikit waktu untuk berkomunikasi. Hal ini khususnya terjadi pada pasangan yang memiliki anak kecil atau remaja yang tinggal di rumah.

Semakin tahu bagaimana Anda dan pasangan Anda terjebak, dan semakin Anda bisa jadi kreatif dengan membuat lebih banyak waktu untuk benar-benar bersama satu sama lain, semakin mudah mengembalikan sentuhan romantis.

2 dari 5 halaman

2. Terhalang kemarahan atau kebencian

Tidak ada yang membunuh gairah lebih besar dari kebencian dan kemarahan. Jika Anda mengenali salah satu dari emosi ini jadi dominan dalam diri Anda atau dalam hubungan Anda, lacak kembali sumbernya.

Peristiwa apa yang masih Anda pikirkan? Konflik apa yang masih belum terselesaikan? Ambil langkah-langkah untuk berdamai dengan masa lalu untuk menyelesaikan masalah yang memecah belah kalian.

Anda tak akan mendorong pasangan  adi lebih romantis ketika Anda masih marah tentang betapa buruknya ia menangani kejadian khusus, misalnya. Jika Anda benar-benar perlu mengomunikasikan tentang kemarahan yang masih ada, lakukanlah dengan cara yang memungkinkan Anda berdua didengar dan bergerak maju bersama.

3 dari 5 halaman

3. Salah satu atau keduanya takut untuk percaya

Penghalang lain untuk percintaan adalah ketidakpercayaan. Ketika Anda tidak sepenuhnya mempercayai pasangan atau diri sendiri, Anda menahan diri. Anda tidak seterbuka dan intim dengan pasangan Anda, dan ini terasa.

Anda mungkin memiliki alasan kuat untuk menahan diri atau tidak percaya. Penting bagi Anda mengatasi keraguan dan memperjelas apakah itu berasal dari pengalaman masa lalu atau dari hal-hal yang terjadi sekarang.

Tidak ada ruang untuk romantisme ketika fondasi kepercayaan goyah atau tidak ada. Buat upaya untuk membangun kembali kepercayaan jika rasanya rusak atau hilang, dan perhatikan ketika pasangan Anda mengikuti, serta menepati janjinya.

Ini akan membantu Anda mengetahui bahwa bijaksana untuk memercayai dan membuka diri lagi.

4 dari 5 halaman

4. Anda punya gagasan berbeda soal romantisme dan cinta

Hal ini selalu terjadi. Kedua orang dalam hubungan memiliki preferensi dan gagasan romansa yang sangat berbeda. Seseorang mungkin percaya bahwa ia sedang mengungkap perasaan cinta, sementara orang lain tidak melihatnya.

Meski mengetahui bagaimana Anda ingin dicintai itu membantu, cobalah untuk bersikap fleksibel juga. Bersedialah untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda tentang apa yang terasa romantis bagi Anda, tetapi jangan bertindak terlalu jauh dengan mendikte.

Langkah ini bisa jadi tindakan penyeimbang. Berikan informasi tentang preferensi Anda dan ajak diri Anda untuk menghargai upaya yang dilakukan pasangan Anda dalam mencintai Anda dan membuat Anda merasa istimewa.

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: