Sukses

4 Tanda Anda Siap Berkomitmen dalam Hubungan Asmara

Liputan6.com, Jakarta - Bukan perkara mudah untuk menjalin hubungan, apalagi hingga ke tahap mantap berkomitmen. Jika dalam perjalanan kisah kasih ini Anda mendapati diri ragu akan komitmen itu, sudah saatnya untuk merenung dan bertanya pada diri sendiri.

Dilansir dari Yourtango, Selasa, 21 April 2020, untuk membimbing lebih jauh merefleksikan diri, mulailah bertanya soal seperti apa visi Anda tentang hubungan ideal atau pernikahan? Apa yang saat ini hal yang akan berkontribusi untuk mewujudkan tujuan itu?

Jika Anda sudah bertanya pada diri dan memiliki empat sikap berikut, itu menjadi pertanda Anda telah siap untuk hubungan yang berkomitmen. Apa saja tandanya? Simak rangkuman lengkapnya berikut ini.

1. Integritas

Integritas berarti Anda melakukan apa yang Anda katakan akan dilakukan. Memiliki integritas mengasumsikan Anda secara konsisten berupaya mewujudkan nilai-nilai dan tindakan inti Anda selaras.

2. Pengendalian Diri

Pengendalian diri berarti memahami tindakan dan kata-kata Anda memengaruhi orang lain. Jika Anda memiliki kendali diri, Anda secara aktif bekerja untuk mengelola emosi negatif Anda untuk hubungan yang lebih baik.

Misalnya, pikirkan bagaimana Anda menangani kekecewaan, kemarahan, kesepian, dan kegagalan. Apa yang Anda lakukan ketika seseorang menyakiti perasaan Anda atau tidak setuju dengan Anda? Bagaimana Anda mengatasi stres?

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda menentukan keterampilan dan alat apa yang sudah Anda miliki dalam untuk membantu menjaga kesehatan emosi serta memiliki interaksi yang sehat dengan orang lain.

2 dari 3 halaman

3. Kemampuan Berkomunikasi

Semua hubungan membutuhkan komunikasi yang baik. Seperti apa kemampuan komunikasi Anda? Apakah orang lain berpikir bahwa Anda adalah pendengar yang baik?

Bisakah Anda mengungkapkan perasaan dengan baik, dan dapatkah Anda bernegosiasi dan bekerja sama dengan orang-orang yang tidak setuju dengan Anda? Apakah Anda pemain tim yang baik?

4. Rela Berkorban

Pengorbanan adalah unsur penting dari hubungan yang sukses. Kadang-kadang kita perlu menunda membiarkan kebutuhan orang lain lebih diutamakan daripada kita sendiri. Terkadang kesalahpahaman yang tidak disadari dan atau tidak realistis tentang bagaimana hubungan seharusnya mencegah orang mengambil tanggung jawab pribadi.

Tiga kesalahpahaman paling umum tentang hubungan adalah, "Jika aku bertemu orang yang tepat, aku akan bahagia," "Pasangan yang tepat akan memenuhi semua kebutuhanku," "Kebiasaan burukku akan hilang begitu aku menemukan orang yang tepat,"

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: