Sukses

Kiat-Kiat Praktis Bersihkan Kulkas

Ingin kulkas tetap bersih dan rapi? Yuk, simak kiat untuk membersihkannya yang mudah sekaligus cepat.

Liputan6.com, Jakarta - Kulkas jadi perabot rumah tangga yang dapat menyimpan beragam jenis makanan, minum, dan bahan-bahan lainnya. Namun, kulkas juga memiliki potensi yang besar menyimpan kuman juga bakteri.

Maka dari itu, penting untuk membersihkan kulkas minimal dua bulan sekali. Hal tersebut dilakukan tidak lain untuk menjaga kulkas tetap higienis dan makanan tidak terkontaminasi bakteri.

Membersihkan kulkas memang membutuhkan tenaga yang ekstra, mengingat makanan yang disimpan dapat kadaluarsa dalam waktu tertentu. Nah, berikut ini ada beberapa kiat mudah dan cepat agar kulkas bersih. Yuk, simak rangkuman berikut ini.

Langkah Pertama

Kosongkan terlebih dahulu semua makanan, minuman, dan beragam isi kulkas lainnya. Pilih produk yang telah kadaluarsa dan masih bagus untuk disimpan. Buang bahan yang kadaluarsanya belum habis, tapi sudah mengeluarkan bau tidak sedap.

Langkah Kedua

Jangan lupa melepaskan rak dan laci kulkas agar kulkas bersih maksimal, lalu sikat menggunakan spons di berbagai sisi. Gunakan air hangat yang telah diberi sabun dan celupkan spons ke dalamnya. Bilas rak kulkas hingga bersih.

Langkah Ketiga

Taburkan baking soda agar rak makin bersih. Hal tersebut juga memiliki manfaat untuk menghilangkan noda membandel yang tidak bisa hilang dengan sabun.

Langkah Keempat

Setelah bersih, jangan langsung memasukkan makanan, minuman serta bahan-bahan lainnya ke kulkas. Penting untuk mengeringkan sisa pembersihan dan kotoran.

Langkah Kelima

Lap kembali kulkas dengan kain bersih yang sudah dibasahi sedikit air. Tambahkan juga beberapa ekstrak vanilla untuk menjaga wangi kulkas.

Langkah Keenam

Kembali tata makanan, minuman, dan bahan-bahan ke dalam kulkas dengan rapi. (Ivana Okta)

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.