Sukses

3 Tanda Anda Lebih Cerdas dari yang Anda Kira Menurut Sains

Ternyata, Anda juga memiliki kemungkinan lebih cerdas daripada yang pernah dipikirkan sebelumnya, bagaimana caranya? Simak di sini.

Liputan6.com, Jakarta Sebenarnya ada banyak cara untuk mengukur kecerdasan seseorang, namun tampaknya sekarang semakin banyak orang yang meremehkan kemampuan dirinya sendiri.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh David Dunning dan Justin Kruger di Cornell University, hal ini dinamakan efek Dunning-Kruger, di mana orang-orang sangat sadar terhadap kecerdasan mereka dan cukup bijaksana untuk menyadari keterbatasannya.

Dilansir dari mydomaine.com, Jumat (9/12/2016), orang-orang ternyata seringkali lebih cerdas daripada rata-rata orang lainnya. Maka dari itu, ada banyak cara untuk mengukur kecerdasan seseorang. Baru-baru ini, Business Insider mengungkapkan beberapa karakteristik seseorang yang cenderung memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi daripada orang lain.

1. Anda adalah orang yang mudah khawatir
Bagi sebagian besar orang, sikap cemas dan khawatir seringkali dianggap negatif. Sedangkan pada sebuah penelitian yang dipublikasikan di Personality and Individual Differences pada tahun 2014 justru menunjukkan hal sebaliknya.

Dua orang peneliti bernama Alexander Penney dan Victoria Miedema menemukan hubungan antara kecerdasan seseorang dengan rasa khawatir. Orang yang mudah khawatir dan cemas memiliki kemampuan lebih untuk menganalisa dan memecahkan masalah melalui penalaran berbasis bahasa, seperti menulis, membaca, berbicara, dan mendengarkan.

2. Anda belajar musik
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Toronto oleh Glenn Schellenberg, profesor psikologi, pada tahun 200 dan 2013, orang-orang yang mengambil pelajaran musik memiliki IQ lebih tinggi dibandingkan orang-orang yang memilih pelajaran drama atau pelajaran kreatif lainnya.

3. Anda adalah seorang introvert
Berlawanan dengan kepercayaan populer, penelitian yang dilakukan oleh Singapore Management University and London School of Economics menemukan bahwa orang yang memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata lebih memerlukan waktu sendirian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini