Sukses

Tempat Tidur Lemari, Inovasi Ciptakan Kamar yang Rapi

Jangan selalu percaya dengan anggapan, "kamar yang berantakan merupakan representasi dari tingginya tingkat kreatifitas penghuninya."

Liputan6.com, Jakarta Isi kamar yang berantakan terkadang membuat sakit mata orang yang melihatnya. Kelebihan pakaian dan buku-buku, serta dokumen dan barang-barang lain yang tidak lagi memiliki tempat penyimpanan akan sangat mengganggu, dan menjadikan ukuran kamar yang lebar seolah sempit. Kamar yang berantakan karena faktor ini tentu tidak ada hubungannya dengan tingkat kreatifitas penghuninya. Jika ingin disebut kreatif, penghuni kamar yang berantakan perlu membuat inovasi.

Dilansir dari instructables, Rabu (26/8/2015), ada satu cara untuk meminimalisasi isi kamar yang berantakan karena kelebihan muatan. Satu cara tersebut adalah dengan membuat suatu barang yang juga berfungsi sebagai tempat penyimpan. Tempat tidur adalah salah satu yang memungkinkan.

foto: instructables.com

foto: instructables.com

Anda perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan sebelum membuat tempat tidur yang juga berfungsi sebagai lemari penyimpan barang. Berbagai bahan yang perlu disiapkan antara lain, gergaji mesin, penghalus kayu, paku dan beberapa engsel, tang, meteran, serta lem perekat dan cat. Sementara bahan utama yang digunakan adalah papan dengan ketebalan sekitar 6 cm.

foto: instructables.com

foto: instructables.com

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan memotong papan sesuai dengan pola yang sudah ditetapkan. Paku dan rekatkan bagian ujung sisinya sehingga membentuk siku. Setelah siku terbuat dan membentuk kotak, lakukan hal serupa sehingga membentuk separasi di dalamnya. Lapisi bagian bawah tempat tidur lemari ini terlebihdahulu dengan papan dengan ukuran yang lebih tipis.

foto: instructables.com

Setelah bagian bawah tertutup, saatnya untuk membentuk pintu-pintu di bagian permukaan. Buat dua pintu di bagian atas, dan tiga pintu di bagian samping dengan ukuran ruang yang lebih kecil. Ruang ini cocok untuk menyimpan barang-barang yang dibutuhkan setiap saat, seperti buku misalnya. Sementara ruang besar lainnya bisa digunakan untuk menyimpan selimut dan pakaian, serta barang-barang lainnya. Setelah semua terbentuk, waktunya bagi Anda untuk mewarnai tempat tidur lemari buatan Anda sendiri. jangan lupa untuk melapisinya dengan cat pelitur agar tempat tidur lemari tampak lebih menawan.

(ibo/igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini