Sukses

Resep Nastar Burger, Buat Sendiri Kue Lebaran Unik

Secara resep, bahan-bahan yang digunakan masih sama dengan nastar yang biasa jadi kue Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran sudah makin dekat, dan Anda masih menyusun mau menyajikan apa saja saat Hari Raya? Ragam kue kering tentu selalu jadi ide menarik, tapi Anda tidak harus mengikuti semata resep klasik. Sebagai pembeda, Anda bisa membuat nastar burger sebagai kue Lebaran tahun ini.

Dikatakan demikian, karena visualnya mirip burger, tapi secara adonan, yang akhirnya memengaruhi rasa, kue ini adalah nastar. Maka itu, bahan-bahannya masih kurang lebih akan sama dengan nastar konvensional, yang mungkin ingin Anda buat sebagai hidangan Idulfitri.

Selain adonan, rasa selai nanas jadi kunci lain di hidangan ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung catat resep nastar burger kreasi pengguna Cookpad @lolitaryani berikut, seperti dikutip Jumat, 29 Maret 2024.

Nastar Burger

Bahan-bahan:

Selai nanas:

5 buah nanas

5 sdm gula pasir

5 buah cengkih

Adonan nastar:

1 butir kuning telur

200 gram butter

50 gram gula halus

25 gram susu bubuk

15 gram maizena

300 gram tepung terigu

Olesan nastar:

2 butir kuning telur

3 tetes pewarna makanan

2 gram adonan nastar

 

Cara Membuat Nastar Burger

  1. Haluskan, lalu masak. Masukan gula dan cengkih, masak sambil terus diaduk agar tidak gosong. Setelah matang, taruh di wadah, dan dinginkan.
  2. Campur butter dan gula halus, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk, lalu tambahkan susu bubuk dan maizena, aduk rata.
  3. Masukkan tepung sedikit demi sedikit, lalu aduk sampai adonan kalis dan siap dibentuk.
  4. Bentuk bulat-bulat, pipihkan, taruh selai nanas di atasnya, ratakan. Untuk selai nanas, kasih pewarna hijau di setengah adonannya. Tutup dengan adonan yang dipilihkan juga.
  5. Campur semua bahan olesan dan oles di atas nastar.
  6.  Panggang di suhu 170 derajat api atas bawah selama 25 menit.
  7. Angkat, dinginkan, lalu masukkan ke dalam stoples.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.