Sukses

Jadwal dan Amalan-Amalan Malam Nuzulul Qur'an 2024, Berjemaah maupun Sendirian

Dikonversi ke kalender Hijriyah yang menggunakan penanggalan Qamariah (bulan), maka malam Nuzulul Qur'an jatuh pada Rabu malam 27 Maret 2024

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa. Salah satunya karena di bulan tersebut turun surah pertama Al-Qur'an yang kemudian disebut sebagai Nuzulul Qur'an.

Nuzulul Qur'an diperingati tiap tanggal 17 Ramadhan. Umat Islam di seluruh penjuru dunia memperingati Nuzulul Qur'an.

Pada Ramadhan 2024 ini, mengacu kalender resmi Ramadan pemerintah, maka jadwal Nuzulul Qur'an tahun ini jatuh pada 28 Maret 2024. Lantaran dikonversi ke kalender Hijriyah yang menggunakan penanggalan Qamariah (bulan), maka malam Nuzulul Qur'an jatuh pada Rabu malam 27 Maret 2024.

Ada beragam cara umat Islam untuk memperingati malam Nuzulul Qur'an. Lazimnya dilakukan di masjid atau mushala.

Berikut ini adalah tiga amalan malam Nuzulul Qur’an yang bisa dilakukan, baik secara berjemaah maupun sendirian, melansir laman NU Lampung, Selasa (26/3/2024).

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. Membaca Al-Qur'an

Pertama, membaca Al-Qur’an. Hal ini disampaikan oleh Ketua PCNU Sumedang, H Sa’dullah sebagaimana dilansir NU Online.

Ia mengatakan bahwa cara terbaik mengisi malam Nuzulul Qur’an yakni dengan istiqamah membaca Al-Qur’an. Pada bulan Ramadhan, minimal harus khatam satu kali.

2. Memperbanyak I'tikaf

Untuk mendapatkan keutamaan malam Nuzulul Qur’an, Kiai Sa’dullah juga menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak i’tikaf di masjid. Selama i’tikaf bacalah Al-Qur’an dan dzikir-dzikir lainnya.

I’tikaf termasuk amalan sunnah yang bisa dilakukan kapan saja, namun di i’tikaf di bulan Ramadhan lebih dianjurkan karena banyak memiliki keistimewaan. Adapun untuk niat beri’tikaf adalah:

نَوَيْتُ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ للهِ تَعَالَى  

Artinya: Aku berniat i’tikaf di masjid ini karena Allah. 

 

3 dari 3 halaman

3. Sholat Malam dan Doa

Ketiga, melaksanakan shalat malam dan berdoa.

Amalan lain yang dapat dikerjakan di malam Nuzulul Qur’an adalah memperbanyak shalat malam dan berdoa. Banyak sekali keutamaan yang dapat diraih bila mengerjakan shalat malam, karena shalat malam merupakan shalat yang paling utama setelah shalat maktubah (lima waktu).

Sholat malam ini memiliki keutamaan layaknya sedekah yang dilakukan secara sirr (rahasia).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.